Selamat datang di situs resmi pemerintahan kabupaten gunung mas
(RTWP) Kabupaten Gunung Mas Saat ini Sudah Memiliki PERDA Nomor 8 Tahun 2014
09/10/2017

Gunung Mas – Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Penetapan Ruang Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2017 bertempat di Gedung Pertemuan BP3D Kabupaten Gunung Mas Senin, (9/10/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Gunung Mas Ir. Kamiar Kepala Dinas Badan/Unit Satuan Kerja Lingkup Kabupaten Gunung Mas dan anggota Badan Koordinasi Penataan Ruang Dareah (BKPRD) Kabupaten Gunung Mas.

Bupati Gunung Mas Arton S Dohong dalam sambutan tertulis yang dibacakan, oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Ir. Kamiar seperti kita ketahui bersama, berdasarkan UU 26/2017 tentang Penetapan Ruang, Nasional di Indonesia telah diatur dalam rencana Tata Ruang wilayah (RTRW) dalam bentuk Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008, dengan tujuan untuk mewujudkan ruang wilayah Nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan berlandaskan Wawasan Nusantara dan ketahanan Nasional.

Salah satu dokumen Perencanaan yang sangat penting adalah rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gunung Mas, yang saat ini sudah memiliki PERDA Nomor 8 Tahun 2014.

Sekeretaris Daerah Gunung Mas Ir. Kamiar juga menjelaskan “Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah mengamanatkan kepada seluruh Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk membentuk Badan Koordinasi Penataan  Ruang daerah (BKPRD) sesuai dengan Permendagri Nomor 5 Tahun 2009 dengan tugas mengoordinasikan dan merumuskan penyusunan rencana tata ruang Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai bahan kebijakan Pemerintah dalam memberi Izin lokasi maupun Usaha,” terangnya.

Saya menilai bahwa kegiatan Rapat Koordinasi yang ada seperti ini kiranya dapat dimanfaatkan secara baik dan penuh semangat, dan dapat berlanjut sebagai dasar kita dalam rangka membangun penetapan Ruang yang teratur dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di bumi habangkalan Penyang Karuhei Tatau yang kita cintai dan banggakan ini.

Melalui laporan ketua Panitia BKPRD Kabupaten Gunung Mas Ir. Kamiar yang dibacakan oleh Campili,ST,MT menambahkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan rapat Koordinasi ini adalah memberikan arahan bagi Pemerintah Kabupaten / Kota dalam menata ruang Daerah sehingga terjadi konsisten dan keserasian dalam perencanaan dan pemanfaatan ruang baik secara Naional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Kegiatan Koordinasi ini juga merupakan wadah bagi Stakeholder terkait dalam menyampaikan saran/masukan terkait dengan Pemanfaatan Ruang di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” jelasnya.

Pres Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.

5 Berita Terbaru


Menu


Banner








Link


Download