Belum Hinje Hapakat Diharapkan Menjadi Wadah Menghimpun Aspirasi Ormas

oleh | Nov 20, 2023 | BERITA

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong membuka kegiatan Focus Grup Discusion (FGD) tentang pembinaan dan pengawasan Ormas, dalam rangka deteksi dini dan cegah dini untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Kabupaten Gunung Mas yang bertempat di GPU Damang Batu, Jumat (17/11/2023).

“Baru-baru ini kita telah membuat Rancangan Peraturan Bupati Gunung Mas tentang Pembinaan dan Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan di Gumas , dengan tujuan agar Ormas yang telah terdaftar dapat terbina serta terawasi baik aktifitas dan keberadaannya,” ucapnya.

Dirinya menambahkan tujuan lain dari pembentukan Peraturan Bupati tersebut adalah menjamin aktivitas Ormas berjalan secara efektif, meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Ormas, dan menjamin terlaksananya fungsi dan tujuan Ormas atau Ormas yang didirikan oleh warga negara asing.

“Pada saat yang sama kita membentuk Forum Komunikasi kemasyarakatan Belum Hinje Hapakat (Hidup Bersama Dalam Keberagaman) di Kabupaten Gunung Mas dengan harapan semua Ormas yang terdaftar dapat terhimpun aspirasinya melalui wadah ini sehingga masing-masing memiliki manfaat yang baik untuk internal ataupun eksternal Ormas,” terangnya.

“Demikian juga saya berharap internal Ormas, antar Ormas, Ormas dengan masyarakat sekitar dan Ormas dengan Pemerintah Daerah dan pemerintah dapat hidup rukun sehingga pembangunan ditempat kita ini dapat berjalan dengan baik, untuk mewujudkan masyarakat yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri. Sehingga kita membutuhkan situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Gunung Mas yang kondusif, untuk itu saya mengajak kita semua untuk memelihara rasa aman ditengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Mas Sugiarto mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membangun sinergi dan harmonisasi antara Pemerintah dan Ormas serta mewujudkan kondisi yang aman,tertib di Kabupaten Gunung Mas, menjalin silaturahmi serta peningkatan SDM Pengurus Ormas, dan melaksanakan salah satu bentuk pembinaan kepada Ormas.

Adapun Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Kepala badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah, Forkopimda atau yang mewakili, atau yang mewakili, Kepala OPD terkait atau yang mewakili, Ketua dan Anggota Forum Komunikasi Ormas Belum Hinje Hapakat,dan tamu undangan lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman