Bupati Bersama Wakil Bupati Menghadiri Acara Puncak BBGRM Ke-20 Di Tumbang Napoi

oleh | Agu 25, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong bersama Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing menghadiri kegiatan puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-20 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa, Selasa (22/08/2023).

Kegiatan BBGRM ini dilakukan dalam rangka melestarikan nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dalam Masyarakat, yang sekarang ini kegiatan gotong royong sudah mulai memudar akibat jarang dilakukan dikalangan Masyarakat. Sebab, nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat merupakan bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperkuat integritas sosial masyarakat di berbagai tingkatan pemerintahan serta memperkokoh NKRI.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong

Dalam perayaan puncak BBGRM Ke-20 ini, Bupati berharap melalui kegiatan BBGRM ini agar didorong terus prakarsa, partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk membangun dan memelihara sarana dan prasarana yang ada untuk dimanfaatkan secara terus menerus dan bertanggung jawab. “Saya mengajak agar seluruh komponen dapat bekerja sama serta lebih meningkatkan partisipasi dalam membangun bangsa,” ucap Bupati.

Adapun kegiatan BBGRM ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus 2023 yang meliputi pembersiahan jalur distribusi ROW (Right Of Way) yang melibatkan tim ROW PLN dan seluruh masyarakat desa/kelurahan se-Kecamtan Miri Manasa yang dilalui jalur distribusi ROW PLN.

Foto bersama saat membagikan bantuan sembako kepada para lansia

Selain itu, dilaksanakan juga pembersihan DAM yang berada di Kelurahan Tumbang Napoi dan didukung rencana aksi yang melibatkan beberapa SKPD, antara lain : Bapenda memberikan Pelayanan Konsultasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pelayanan Penetapan Pajak; PMI memberikan pelayanan pemeriksaan golongna darah dan pelatihan untuk relawan kecamatan/desa; Disdukcapil memberikan pelayanan perekaman e-KTP, perubahan KK, penerbitan akta kelahiran, kematian, perceraian dan perkawinan, penerbitan KIA serta pindah datang penduduk; Disdalduk, KBP3A memberikan pelayanan KB; Dinas PMPTSP memberikan pelayanan perizinan secara terpadu dikecamatan (PAPICAKEP); Diskominfosantik melakukan Dokumentasi kegiatan BBGRM; Bank Kalteng Cab. Kuala Kurun mengadakan naju kaos panitia pelaksanaan kegiatan BBGRM; Dinas Pertanian memberi pelayanan pengadaan 20 bibit lengkeng, 170 buah bibit cabe, 30 botol obat (insektisida), babi 50 ekor, bibit ayam ras 4 box, pakan 4 sak; BPBD memberikan sosialisasi dengan pemasangan spanduk serta bantuan alat pemadam kebakaran; Disdikpora membagikan dan menyerahkan bak sampah untuk SD dan SMP; Dinas Sosial memberikan pelayanan BPJS Kesehatan/JAMKESDA, pemberian susu/makanan ibu hamil 60 paket serta alat bantu penyandang disabilitas; Disbudpar melaksanakan tiwah masal yang telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 Agustus 2023 di Desa Tumbang Manyoi Kecamatan Miri Manasa; Dinkes memberikan pelayanan dengan pembagian KIT HB, Vitamin A, Imunisasi, DIPASKES, pembuatan jamban sehat dalam rangka penanganan ODF dan pelayanan kesehatan lainnya; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan pelayanan Story Telling/bercerita kepada anak TK/PAUD dan pembinaan perpustakaan sekolah SD/SMP; Dinas Perikanan melakukan penyerahan bibit ikan dan pakan; TP PKK melakukan pelatihan Pokja pada wilayah Kecamatan Miri Manasa; DLHKP melakukan penyerahan Keputusan Bupati Gunung Mas tentang Pengakuan dan Perlindungan 14 (empat belas) Masyarakat Hukum Adat (MHA) Kabupaten Gunung Mas.

Acara juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kab. Gumas Mimie Mariatie Jaya S. Monong, DK. Mandharana, semua Kepala Perangkat Daerah terkait, seluruh Camat se-Kabupaten Gunung Mas, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Miri Manasa, Damang Kepala Adat Kecamatan Miri Mansa dan seluruh Mantir Adat se-Kecamatan Miri Manasa.

Berita Terkini

Pengumuman