Bupati Gumas Hadiri Rapat Kick Off Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045

oleh | Sep 1, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Forkopimda, Berita Pelayanan Publik

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menghadiri kegiatan Rapat Kick Off Rancangan Awal Rancana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045 yang bertempat di Aula Bappedalitbang Gumas, Jumat ( 01/09/2023).

“Rapat Kick Off Rancangan Awal RPJPD merupakan salah satu agenda penting pada Tahun Anggaran 2023, karena rapat ini menjadi tanda dimulainya proses dan tahapan penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Tim Penyusun RPJPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045, diantaranya perencanaan jangka panjang agar memperhatikan potensi, peluang dan hasil evaluasi dokumen perencanaan pembangunan sebelumnya serta mempertimbangkan arah pembangunan nasional dan provinsi Kalimantan Tengah guna mendukung capaian pembangunan nasional, provinsi, maupun kabupaten.

Selanjutnya, RPJPD Kabupaten Gunung Mas bersinergi dengan RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah dan RPJP Nasional, terutama untuk Indikator Kinerja Utama Pembangunan Nasional dan memperhatikan pada tahapan proses penyusunan RPJPD agar dapat dipenuhi ketepatan waktu penetapan RPJPD dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

“Kami menyadari bahwa keberhasilan penyusunan dokumen perencanaan, pelaksanaan kebijakan dan agenda pembangunan Kabupaten Gunung Mas hanya dapat terwujud atas dukungan dan partisipasi semua pemangku kepentingan. Untuk itu kami berharap melalui Rapat Kick Off ini dapat diperoleh penyamaan pemahaman terkait proses, tahapan, serta konsep arah pembangunan daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045,” terangnya.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045 dengan cara mengisi kuesioner online yang dapat diakses melalui link: https://gunungmaskab.pembangunan2045.id/kuesioner.html

“Dengan berpartisipasi menyampaikan aspirasi atau harapan, maka harapan masyarakat Kabupaten Gunung Mas akan termanifestasi dalam visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025 – 2045,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappedalitbang Gumas Yantrio Aulia  mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyampaikan informasi dan penyamaan pemahaman terkait proses, tahapan, serta konsep arah pembangunan daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025-2045.

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda, pimpinan Instansi Vertikal atau yang mewakili, pimpinan Perangkat Daerah atau yang mewakili,, Pimpinan BUMN dan BUMD atau yang mewakili,, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman