Bupati Hadiri Acara Tiwah Di Desa Luwuk Tukau

oleh | Nov 16, 2022 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita Desa

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menghadiri kegiatan acara puncak ritual tiwah tabuh pertama di desa Luwuk Tukau, Kecamatan Manuhing Raya, Kabupaten Gunung Mas, pada Rabu (16/11/2022).

Dalam sambutannya Bupati sangat mendukung kegiatan terlaksananya kegiatan tiwah tersebut, dimana ini tidak lepas dari peran serta semua pihak yang terlibat didalamnya, mengingat sebelumnya pada tahun 2020 acara ritual tiwah ini sudah dianggarkan, dan segala rangkaian acaranya telah dipersiapkan, namun tertunda karena adanya wabah covid-19 yang melanda, sehingga anggaran yang seharusnya untuk tiwah dialihkan untuk penanganan covid-19. “Tahun ini telah dilaksanakan acara tiwah dan sebagai wujud dukungan pemerintah Kabupaten Gunung Mas kepada panitia dan seluruh keluarga yang melaksanakan tiwah, kita juga menyerahkan uang tunai sebesar 20 juta,” ujar Bupati menandaskan.

Foto bersama

Adapun Pesta Tiwah di Desa Luwuk Tukau ini dihadiri masyarakat dari desa-desa wilayah Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya dan juga desa wilayah kecamatan lainnya.

Untuk diketahui anggota keluarga yang mengikuti tiwah berjumlah 12 orang dari desa Luwuk Tukaw dan 2 anggota keluarga lainnya berasal dari desa Tumbang Oroi dan desa Samui.

Untuk jumlah sapundu ada 14 buah dan hewan korban 13 ekor kebau, 1 ekor sapi dan 1 ekor babi, jadi jumlah keseluruhannya sebanyak 15 ekor hewan korban.

Kemudian pelaksanaan panabuh (acara puncak) pesta tiwah ini dilakukan selama dua hari, dimana hari pertama dilakukan oleh 6 orang anggota tiwah dengan hewan korban 4 ekor kerbau, 1 ekor sapi dan 1 ekor babi.

Seterusnya untuk panabuh tiwah hari kedua dilaksanakan oleh 9 orang anggota tiwah dengan jumlah hewan korban 9 ekor kerbau.

Berita Terkini

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Perayaan  Natal Gabungan bersama DPRD, TNI, Polri, Korpri, PKK,...

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: