Bupati Kukuhkan Pengurus TP-PKK Masa Bhakti 2019 – 2024

oleh | Nov 25, 2022 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong  mengukuhkan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gunung Mas Masa Bakti 2019 – 2024, yang berlangsung di GPU Damang Batu, Jumat (25/11/2022).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Melalui Tim Penggerak PKK sangatlah berperan aktif dalam mewujudkan keluarga berdaya dan mandiri, dimana itu melalui 10 program pokok PKK yang dilaksanakan secara bersinergi dengan instansi terkait. “Salah satunya menggerakkan ibu-ibu, bagaimana caranya menekan angka kematian ibu hamil, atau berkontribusi mengatasi masalah gizi anak, kesehatan anak dan isu nasional saat ini yaitu  stunting yang di perankan oleh kelompok Dasa Wisma dalam pencatatan data keluarga di tingkat RT/RW,” ucap Bupati.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong

Ia mengatakan tujuan dari gerakan PKK yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya. Untuk itu diharapkan PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat bersinergi dengan OPD terkait dan lembaga lainnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, sehingga dengan adanya kerjasama yang baik antara PKK dan OPD atau lembaga lainnya dalam pelaksanaan program pembangunan daerah sehingga dapat tercapai dengan baik serta mewujudkan pembangunan keluarga yang mandiri, kuat dan sejahtera.

Lebih lanjut Bupati menandaskan “Poin penting yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini, untuk mewujudkan hal-hal tersebut yang terpenting menurut saya adalah satu kata yaitu komitmen, itu membutuhkan kerja sama tim yang solid, selain itu melaksanakan pekerjaan juga dengan hati,” tandasnya.

Sementara itu ditempat yang sama ketua TP-PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S. Monong mengucapkan selamat Kepada Penggurus Tim Penggerak PKK yang baru saja dikukuhkan. “semoga selalu bersemangat dalam menjalankan tugas dan dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah melalui gerakan PKK,” ucapnya.

Foto Bersama

Kemudian ia menjelaskan salah satu program kerja unggulan Tim Penggerak PKK Kabupaten   Gunung Mas adalah mengaktifkan Dasa wisma dan UP2K se-Kabupaten Gunung Mas sesuai komitmen bersama pada Rakon Konsultansi TP PKK Tahun 2019. Untuk itu diharapkan Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan, desa dan kelurahan dapat mengevaluasi dan mensinergikan program PKK dari tingkat kecamatan sampai ke desa dan kelurahan.

Lebih lanjut, mimie mengajak seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk berperan aktif dalam mencegah stunting dan program Ketahanan Pangan dan hewani untuk ke depannya.

Melalui Program UP2K, Dasa Wisma, Posyandu, Bina Keluarga Balita, PHBS merupakan prioritas program PKK dalam mendukung percepatan penurunan Stunting. “Dimana Tim Penggerak PKK sudah turun kelapangan menilai langsung segala proses di desa dan kelurahan, ini peran kita bersama menurunkan angka stunting di Kabupaten Gunung Mas,” Tandasnya.

 

Setelah itu acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba dan Pengumunan Pemenang lomba Dasa Wisma, Lomba UP2K, Lomba Kinerja Kader PKK, Lomba Kader BKB dan Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Turut hadir seluruh Pengurus TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Gumas, Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing, Unsur Forkopimda, Sekda Kab. Gumas Yansiterson, Para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, Pengurus Bhayangkari Polres Gumas dan tamu undangan lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: