DPRD Gunung Mas Memaparkan Hasil Reses pada Rapat Paripurna I

oleh | Mar 7, 2023 | BERITA, Berita Dewan Perwakilan Rakyat

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas menggelar rapat paripurna I masa persidangan II tahun sidang 2023 yang bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Gunung Mas, Selasa (07/03/2023).

Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar mengatakan bahwa agenda rapat paripurna I masa persidangan II tahun sidang 2023 ialah pemaparan laporan hasil reses masa persidangan II tahun sidang 2023 yang telah dilaksanakan dari tanggal 24 Januari sampai dengan 29 Januari 2023.

Adapun untuk hasil reses DPRD Gunung Mas Dapil I disampaikan oleh Lily Rusnikasi, Dapil II disampaikan oleh Binartha, dan Dapil III disampaikan oleh Siti Hilmiah.

Untuk diketahui, Dapil I mencakup wilayah Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kecamatan Kurun, Dapil II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Kecamatan Manuhing Raya, Dapil III meliputi Kecamatan Damang Batu, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Kecamatan Tewah.

Lily Rusnikasi sebagai juru bicara Dapil I menyampaikan dari hasil reses yang sudah dilaksanakan, terdapat banyak usulan dari masyarakat yang bersangkutan dengan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan hal lainnya. Diantaranya usulan menambah rumah dinas untuk paramedis di Desa Rangan Tate dan pengadaan air bersih di Desa Tumbang Danau.

“Desa Tewang Pajangan mengusulkan adanya rumah sakit rawat inap dan pembangunan gedung baru untuk puskesmas Tewang Pajangan,” terangnya.

Sementara itu Binartha sebagai juru bicara Dapil II menjelaskan bahwa masyarakat banyak memberikan usulan terhadap pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jembatan di jalan lintas Sei Antai, Tumbang Tuwe, rehab bangunan Posyandu Desa Tumbang Baringei, dan peningkatan lantai jembatan penyeberangan Desa Putat Durei

“Kecamatan Manuhing Raya mengusulkan penambahan tenaga kesehatan untuk Pustu Desa Putat Durei dan Kecamatan Rungan Hulu mengusulkan untuk pembangunan tembok atau pagar untuk SD/SMP Desa Jangkit,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Siti Hilmiah sebagai juru bicara Dapil III mengatakan bahwa usulan masyarakat banyak menyangkut infrastruktur, pendidikan, bidang kesehatan, serta bidang pertanian dan perikanan

“Permasalahan pada bidang kesehatan masih sering menjadi keluhan bagi masyarakat diantaranya kurangnya tenaga kesehatan disebabkan oleh adanya tenaga kesehatan yang titipan ke tempat lain sehingga tempat di mana seharusnya tenaga kesehatan tersebut ditugaskan menjadi kosong,” tegasnya.

Dirinya juga mengungkapkan pada bidang pendidikan di daerah pemilihan III Kabupaten Gunung Mas masih banyak terdapat permasalahan pendidikan baik ditingkat pendidikan dasar maupun tingkat lanjutan sehingga sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan, diantaranya seperti kurangnya tenaga pendidik disetiap sekolah-sekolah, penyebaran tenaga guru yang tidak merata, rehab gedung sekolah yang rusak berat, penambahan ruang belajar, dan pembangunan laboratorium serta pengadaan komputer di sekolah.

Turut hadir pada rapat paripurna tersebut Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan undangan lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman