HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Dalam Menjaga Persatuan Dan kesatuan Bangsa

oleh | Agu 17, 2022 | BERITA

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Upacara Penaikan Bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Gumas, Rabu (17/8/2022).
Dalam hal ini Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah.


Dalam sambutannya Bupati menyerukan agar melalui peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
“Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita dengan terus berkarya sesuai bidang masing-masing, turut serta malakukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa secara khusus masyarakat Kalimantan Tengah,” tandasnya.
Untuk diketahui kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai terkendali, hal ini ditandai dengan sejumlah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, termasuk pada saat ini kita bisa melaksanakan Upacara HUT Ke 77 RI secara serentak di berbagai instansi, tidak luput dari dukungan dan sinergitas yang dibangun oleh semua pihak baik Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, tenaga medis serta elemen masyarakat.
Ia pun berpesan “Agar kita semua jangan lengah dan tetap selalu waspada terhadap penyebaran virus Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi lengkap sesuai anjuran permerintah,” pungkasnya.
Adapun beberapa personil yang bertugas saat upacara meliputi Perwira Upacara AKP I Made Suta, Komandan Upacara AKP Muludin, Pembaca Teks Proklamasi Wakil Ketua DPRD Gumas Binartha, Pembaca Teks UUD 1945 Rinnie Marince serta Pembawa Acara Yuliani.


Setelah pelaksanan kegiatan Upacara Penaikan Bendera, dilanjutkan dengan acara tambahan Pemberian penghargaan oleh Bupati dan Wakil Buapati Gumas atas dukungan dan kerjasama capaian vaksin covid-19 Kabupaten Gumas tahun 2021 yaitu kepada Polres Gumas, Pabungdim 1016 PLK, Polsek Rungan, Polsek Tewah, Koramil Rungan dan Koramil Tewah yang diterima oleh Kapolres Gumas Irwansyah dan Pabungdim 1016 PLK Idham Khalid.
Juga dilakukan Penyerahan Mobil Ambulan masing-masing satu unit kepada Puskesmas Tumbang Miri, Tumbang Napoi, Tumbang Rahuyan, Puskesmas Tehang, Puskesmas Tumbang Jutuh, Puskesmas Tumbang Talaken, dan satu unit sepeda motor KLX kepada Puskesmas Tumbang Masukih yang diterima secara simbolis oleh Puskesmas Tumbang Jutuh dan Puskesmas Tumbang Masukih.
Selanjutnya, lomba menulis cerita rakyat/legenda tahun 2022 sebagai upaya mewujudkan pelestarian dan perlindungan terhadap warisan budaya secara khusus di Kabupaten Gumas yaitu Juara I diraih oleh Nani Kartika dengan judul Legenda Batu Mandep, Juara II Indra dengan Judul Legenda Tambun, Juara II diraih oleh Laila dengan judul Bulan Ingai Nguang, Juara Harapan I diraih oleh Siswanto dengan Judul Terkutuk Menjadi batu, Juara Harapan II diraih oleh Titik Magdalena dengan Judul Asal Usul Desa Sandung Tambun dan Juara Harapan III diraih oleh Tintio.


Selanjutnya Pemenang Lomba Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Gumas Tahun 2022 yakni Juara I diarih oleh Disdukcapil dengan judul Strategi Pelayanan Kepemilikan KTP Elektronik melalui Jemput Bola, Juara II diraih oleh DPMPTSP dengan judul Pelayanan Perizinan Di Kecamatan Secara Terpadu, Juara III diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dengan judul membangun lampion beebasis digital.
Selanjutnya untuk pemenang kebersihan kantor juara I diraih oleh Dinas Kesehatan dengan skor 5906, Juara II diaraih DPMPTSP dengan skor 5682, juara II diaraih Dinas PU dengan Skor 5630, Harapan I diraih Bappedalitbang dengan skor 5575, Harapan II diraih oleh Disbudpar dengan skor 5501 dan Harapan II diraih oleh Dinas Sosial dengan Total Skor 5448.

Berita Terkini

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: