VISI

GUNUNG MAS BERSINAR Tahun 2019.

Berdaya Saing, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat

  • Berdaya Saing adalah ditunjukan dengan tersedianya infrastruktur dasar yang memadai untuk menunjang peningkatan daya saing ekonomi. Daya saing perekonomian dicirikan melalui penguatan industri manufaktur, penguatan pembangunan pertanian dan sumberdaya alam lainnya. Berdaya saing juga dicirikan dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mandiri menjadi sikap mental yang melekat pada tataran masyarakat dan tataran pemerintah. Kemandirian pada tataran masyarakat, indikator capaiannya adalah, pada kemampuan untuk mencukupi kebutuhan hidup dengan layak, yang sekaligus juga berarti peningkatan kesejahteraan. Sedangkan kemandirian pada tataran pemerintahan daerah, indikator capaiannya adalah, pada penguatan kemampuan dari sumber Pendapatan Asli Daerah, seiring semakin berkurangnya proporsi ketergantungan terhadap dukungan sumber pendanaan dari luar.
  • Sejahtera adalah kondisi masyarakat yang secara lahir batin mendapatkan rasa aman dan makmur dalam menjalani kehidupan, yang ditandai dengan meningkatkan IPM, rendahnya kemiskinan (persentase), meningkatnya indeks pemerataan (Gini Coefficient), dan berkurangnya kasus kejahatan.
  • Bermartabat dicirikan dengan berkembangnya nilai-nilai keagamaan dan adat istiadat.

 

MISI

Upaya-upaya yang akan dilakukan dalam rangka mencapai Visi Kabupaten Gunung Mas Bersinar maka disusun 7 misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas, relevansi dan akses perangkat pendidikan dan layanan kesehatan.
  2. Meningkatkan pemberdayaan dan daya saing ekonomi rakyat.
  3. Melanjutkan dan memantapkan pembangunan infrastruktur pembuka isolasi daerah secara adil dan proporsional.
  4. Meningkatkan layanan pemerintahan secara lebih berkualitas, cepat, transparan dan akuntabel, pada semua tingkatan pemerintahan.
  5. Meningkatkan ketersediaan energi untuk rakyat.
  6. Meningkatkan penyediaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, melalui penguatan keterkaitan dan relevansi antara pengembangan perangkat pendidikan dengan investasi daerah.
  7. Meningkatkan pengendalian, pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alam secara serasi, seimbang dan lestari

Pres Release Bidang Statistik.