Gunung Mas – Acara Darma santy perayaan Nyepi umat Hindu dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara kesatuan Republik Indonesia kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Pertemuaan Umum (GPU) Damang Batu Kuala Kurun Kamis, (12/4/2018). Nyepi merupakan salah satu hari raya atau hari suci agama Hindu yang dilaksanakan setiap satu tahun. Waktunya bersamaan dengan pergantian tahun Saka setiap tanggal 1 bulan Waisaka tahun Saka atau tahun baru Saka.

Turut hadir Mendampingi Bupati Gunung Mas Ny. Apristini Arton S. Dohong Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas (Sekda) Drs. Yansiterson., M.Si, Ketua STAHN-TP Palangka Raya, Kepala Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Empas Umar, SE, Staf Ahli Bupati Gunung Mas Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan dr. Makmur Ginting, M.Kes, Kepala OPD, serta undangan lainnya. Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong, mengajak umat Hindu bahwa akhlak dan moralitas merupakan pondasi dalam melaksanakan pembangunan. Menyadari arti penting dari pembangunan Agama ini, maka salah satu prioritas bidang pembangunan yang di programkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

Tahun depan saya berharap dalam perayaan dharma santy seperti ini, tidak usah menggunakan gedung yang besar atau dekatkan penyelenggaraan kepada masyarakat. “Saya minta kepada pengurus Umat Hindu agar memperhatikan umatnya mari bersatu padu lebih ditingkatkan dalam pembinaan agar semangkin mantap,” tandas Bupati. Tujuan pelaksanaan kegiatan Dhrama Shanti perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1940 adalah sebagai wahana untuk membangun komunikasi antara umat beragama dengan pemerintah.

Menjalin silaturahim antara sesama umat beragama dalam rangka menciptakan kerukunan di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. Meningkatkan persatuan dan kebersmaan dalam pengembangan dan pemberdayaan umat. Memohon keselamatan, berkat dan lindungan dari Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani kehidupan sekarang dan masa yang akan datang.

Pres Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik