Gunung Mas – Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin mengadakan Bimbingan Teknis Penerima Manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) tahun 2018 yang dilaksanakan di aula Kecamatan Tewah  Senin, (16/4/2018) dan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas, Drs. Budhy. Bimtek ini dihadiri nara sumber Dra.Erni Hermine Lambung, M.Si terkait dengan Penerima Manfaat KUBE pada tahun 2018 dan Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas, Drs. Budhy memberikan menjelaskan terhadap penerima manfaat KUBE sehingga dalam menerima bantuan bisa menjadi KUBE terbaik dan mampu mengatasi kemiskinan.

KUBE merupakan salah satu pendekatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan. Kegiatan pemberdayaan ini meliputi pemberian bantuan stimulan untuk kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), pendampingan dalam merintis dan mengembangkan usaha serta peningkatan keterampilan teknis anggota.

Menurutnya, pendamping sangat diperlukan dalam mengawal pelaksanaan KUBE demi tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin khususnya peserta KUBE, sehingga para pendamping harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya dalam menjalankan tugas pendampingan, dalam hal ini Kelompok yang dapat KUBE adalah Kecamatan Kurun, Kecamatan Tewah dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara , dengan Masing-Masing KUBE yang di dapat , Kecamatan Kurun 9 KUBE, Kecamatan Tewah 9 KUBE dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara 12 KUBE.

Sosialisasi disampaikan dengan tujuan agar semua pihak berwenang yang terlibat dapat mengetahui, memahami dan mendukung tugas pendamping dalam mendampingi KUBE agar berhasil sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Sedangkan Bimbingan teknis bagi Pendamping KUBE dilaksanakan agar Pendamping memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan benar.

Dengan adanya bimtek pendamping KUBE ini, diharapkan kelompok usaha bersama dari tahun ke tahun terus berkembang dan benar-benar dimanfaatkan, baik itu dari perkembangan produksi, perkembangan peningkatan penghasilan serta peningkatan mitra usaha. “Sehingga dana yang disalurkan dari pemerintah untuk kelompok usaha masyarakat dapat berguna secara efektif dan bermanfaat,” terangnya.

Pres Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.