Gunung Mas – Peringatan hari Kartini di Kelurahan Tumbang Miri kecamatan Kahayan Hulu Utara diwarnai dengan festival Huma Itah yang diselenggarakan oleh tim Pencerah Nusantara (PN) 5 dan Kecamatan Kahut. Beragam penampilan seni ditampilkan oleh anak-anak yang tergabung didalam komunitas huma itah. “Festival ini dilakukan pada 22 april lalu di GPU temanggung jaya patih oendeng. Festival diisi dengan beragam penampilan seni seperti pantun, fasion show kebaya dan batik khas, puisi serta tari” terang bendahara PN 5, Euis Ratna Sari senin (23/4/2018). 

Ia mengatakan sekitar 50 anak yang tergabung dalam komunitas huma itah berpartisipasi pada kegiatan ini. Festival ini pun berjalan dengan baik berkat kerja sama antara PN 5, pihak Kecamatan Kahut serta Karang Taruna di wilayah setempat.

Dengan adanya festival tersebut diharapkan masyarakat di Kecamatan Kahut khususnya anak-anak yang tergabung didalam komunitas Huma Itah dapat meneladani RA kartini. Selain itu juga sekaligus untuk mengembangkan bakat dan minat, serta kepercayaan diri anak anak huma itah, sehingga nanti dapat menjadi generasi yang membanggakan.

Sementara itu Camat Kahut Effendi W. Rasa menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat khususnya kepada anak anak yang dilakukan oleh PN ini sangat baik serta harus dikembangkan dan dilanjutkan. Huma itah pun menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat sekaligus tempat belajar bagi anak anak di wilayah setempat.

Ia pun berharap kedepan anak anak dari kecamatan kahut dapat menjadi genersi penerus yang dapat diandalkan untuk melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan. “anak anak merupakan harapan kita untuk meneruskan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan”, tandasnya.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.