Tertib Dan Lancar Pilkada Gunung Mas

Gunung Mas – Peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati/Wakil Bupati dengan tim pemenangannya serta pendukung di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dinilai sangat patuh terhadap aturan kampanye. Sebagai tolok ukur, hingga kini Panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) setempat tidak ada mendapat laporan pelanggaran kampanye dari masyarakat. 

Ketua Gumas, Walman Tristianto menjawab pertanyaan awak media di Gumas, Jumat (4/5/2018) mengakui, pihaknya belum ada menerima laporan dari masyarakat terkait pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh tiga pasangan calon (paslon) maupun tim pemenang dan pendukung.

“Belum ada mendapat laporan hingga kini pelanggaran dalam masa kampanye ini dari masyarakat oleh ke tiga paslon, tim pemenang dan pendukung Bupati/Wakil Bupati Gumas. Kami di Panwaslu memang merasa aneh, dalam tahapan kampanye yang sudah cukup lama berjalan,kok tidak ada laporan pelanggaran,” seru Walman.

“Sejujurnya, kami berharap ada laporan dari masyarakat yang mendapati adanya pelanggaran yang dilaporkan kepada Panwaslu. Tenrtu bukan laporan sekedar laporan, tapi laporan yang akurat,” tambahnya.

Ketua Panwaslu, Walman juga lama jadi wartawan ini, kembali mengharapkan peran aktif masyarakat Gumas dalam mengawasi kegiatan kampanye hingga hari pencoblosan 27 Juni mendatang. “Kami dari Panwaslu Gumas menginginkan, masyarakat ada keberanian melaporkan pelanggaran yang mungkin terjadi pada pelaksanaan kampanye serta pencoblosan 27 Juni 2018,” tandas Walman.

“Ada pelanggaran,silahkan masyarakat melaporkannya ke petugas Panwaslu Kelurahan dan Panwaslu Kecamatan yang sudah dibentuk.Panwaslu siap menindaklanjuti setiap pelanggaran yang disampaikan masyarakat ” tegasnya.

Dikatakan, peran aktif masyarakat Gumas dalam mengawasi pelaksanaan kampanye akan memperkecil tindak pelanggaran,aturan yang dilanggar serta tindak kecurangan. Sebab itu, sangat diperlukan pengawasan dari masyarakat guna menjamin penyelenggaraan Pilkada Gumas secara lancar dan berkualitas.(Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *