Foto Bersama Wakil Ketua Umum Pdt. Dr. Simpon F. Lion, M. Th tengah bagian depan bersama peserta Sinode V Resort GKE Sepang Tahun 2018.

Gunung Mas  – Resort Gereja Kalimantan Evangelist (GKE) Sepang menggelar Sinode Resort V GKE Sepang serta pelatihan Penatua dan Diakon se-Resort GKE Sepang yang dipusatkan di Gereja Efata GKE Tewai Baru, Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, 4-5 Mei 2018.

“Majelis Sinode (MS) menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksananya Sinode Resort, sebagai pemenuhan mandat dari tata gereja dan peraturan GKE, sebagai pengambilan keputusan tertinggi di tingkat Resort,” ucap Wakil Ketua Umum MS GKE, Pdt Dr. Simpon F Lion, M.Th usai membuka kegiatan.

Dalam Sinode Resort ini, salah satu yang menjadi bahasan adalah program yang akan dilakukan oleh Resort GKE Sepang selama lima tahun kedepan. Ia berharap gereja dapat memiliki terobosan dalam menyusun program, khususnya dalam hal ekonomi produktif.

Terobosan program dapat dilakukan di bidang perkebunan, perikanan, pertanian dan lainnya. Jika memungkinkan, terobosan tersebut disinergikan dengan program Pemerintah atau pihak lainnya. Dengan demikian, kedepan diharapkan masyarakat khususnya jemaat Resort GKE Sepang dapat semakin maju.

Sementara itu, Ketua Resort GKE Sepang, Pdt Vivin Inundiyeni, S.Th menuturkan, ada dua agenda utama kegiatan, yakni Sinode Resort yang dilakukan pada Jumat (4/5), selanjutnya adalah pelatihan penatua dan daikon yang dilakukan pada Sabtu (5/5).

Kegiatan diikuti oleh seluruh jemaat yang berada di bawah Resort GKE Sepang. Resort GKE Sepang sendiri terdiri dari 12 jemaat dimana sebagian jemaat berada di wilayah Kecamatan Sepang, dan sebagian lagi berada di wilayah Kecamatan Mihing Raya.

Untuk jemaat yang berada di wilayah Kecamatan Sepang adalah Pamatang Limau, Tampelas, Sepang Kota, Sepang Simin, Tewai Baru, Tanjung Karitak, dan Rabauh. Sedangkan jemaat yang berada di wilayah Kecamatan Mihing Raya adalah Rangan Tate, Tuyun, Tumbang Empas, Ampung Kampuri, dan Marawei Kampuri.

Pembukaan Sinode Resort V GKE Sepang ini juga dihadiri oleh Camat Sepang, Rosalia dan Camat Mihing Raya, Sidel Inga, serta beberapa tamu undangan lainnya. “Sinode ini mempunyai arti yang strategis dalam pengembangan Resort GKE Sepang ke arah yang lebih baik,” kata Camat Sepang Rosalia.

Lainnya, Camat Mihing Raya, Sidel Inga meminta kepada warga jemaat Resort GKE Sepang untuk meningkatkan perannya dalam menjaga keharmonisan antar umat beragama di wilayah setempat. “Selama ini toleransi antar umat beragama sudah berjalan baik berkat seluruh pihak, termasuk warga jemaat Resort GKE Sepang,” tandasnya.