Gunung Mas – Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke- 15, Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-25 Setingkat Kabupaten Gunung Mas 2018, Selasa (15/5/2018) di desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing.

Dalam sambutan Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong mengatakan pada 2 periode pelaksanaan RPJMD 2003 sampai dengan 2013 walaupun belum sepenuhnya tercapai secara maksimal, paling tidak kita sudah menikmati terbukanya isolasi daerah, di semua wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Adanya pemerataan pendidikan sampai di tingkat SLTA di setiap Kecamatan, pemerataan penyediaan sarana pelayanaan kesehatan, dan secara bertahap kita masih berjuang untuk tersedianya kelistrikan di setiap wilayah serta peningkatan jalan dan jembatan, peningkatan SDM aparatur pemerintah desa dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

Terkait dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke – 25 kita perlu memahami bahwa untuk membangun Kabupaten Gunung Mas yang cukup luas, SDM yang masih belum merata beserta dengan tantangannya, membutuhkan perhatian, pengorbanan dan dana yang tidak sedikit, kita bersyukur Pemerintah Pusat dengan salah satu agenda prioritas Nawacita yaitu membangun dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa.

“Disis lain saya mengingatkan pula tentang KB tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu, dan anak atau menekan pertambahan jumlah penduduk, meningkatkan kualitas penduduk lewat penyipan keluarga yang sehat dan sejahtera. Tetapi semangkin meluas dimana dalam 2 tahun terakhir juga dikumandangkan tentang Kampung KB yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada tanggal 14 januari 2016,” ungkap Bupati.

Ditempat yang sama Kepala Perwakilan BKKBN PROV. KALTENG Kusnadi mengatakan oleh karena itu pesan Harganas tahun ini adalah “CINTA KELUARGA YANG TERENCANA” dan bukan cinta yang membawa bencana.

Selain itu Kusnadi juga menghibau terhadap keluarga sebagai unit terkecil didalam masyarakat merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menyiapkan sumberdaya manusia potensial, memiliki sikap dan perilaku moralis yang sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Gunung Mas Apristini Arton S. Dohong, dalam sambutannya menyampikan bahwa peringatan seperti ini memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan funsi yang utama yaitu berusaha memberdaya dan mensejahterakan keluarga.

“Harapan saya, keberhasilan serta pengakuan yang telah kita terima, tidak membuat kita lupa diri, namun sebaliknya agar di jadikan factor pendorong untuk lebih meningkatkan kualitas peran dan tanggungjawab kita meraih prestasi yang lebih baik,” kata Apristini Arton S. Dohong.

Sementara itu, ketua Panitia Drs. Ambo Jabar, M.Si dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-15, mengatakan melestarikan nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dalam masyarakat sebagai bagian dari sitem nilai budaya bangsa secara berdayaguna dan berhasilguna untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa, dan kelurahan serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua Panitia juga menyampaikan saat ini sedang dilakukan pelayanaan KB Gratis bagi calon akseptor, pelayanan kesehatan antara lain sunatan masal, dan gelanggang daggang keluarga dan pada saatnya nanti akan dilanjutkan dengan hasupa Hakasene yang dipimpin oleh Bapak Bupati Gunung Mas,”ungkap Katua Panitia.

Dalam Acara tersebut turut hadir, Bupati Gunung Mas didampingi Isteri Apristini Arton S. Dohong Kepala Perwakilan BKKBN PROV Kalteng Kusnadi, Anggota DPRD Dapil II, Asisten I Drs. Ambo Jabar,M.Si, Asiten II Ir. Yohanes, Staf Ahli Bupati Gunung Mas dr. Makmur Ginting, M.Kes, Salampak Haris, S.Sos, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa Se-Kabupaten Gunung Mas. Dan warga Manuhing Raya.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.