Gunung Mas – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menyalurkan ratusan ekor bibit babi kepada masyarakat dalam hal ini kelompok tani ternak yang berasal dari wilayah Kecamatan Rungan dan Rungan Hulu, Senin (10/9/2018).

“Iya, kita baru saja menyalurkan bibit ternak babi di wilayah Rungan dan Rungan Hulu. Itu berasal dari dana aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Kepala DPKP Kabupaten Gunung Mas Ir. Kardinal melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Yuliana Elisabeth Hewan, Selasa (11/9/2018).

Secara keseluruhan, ada 120 ekor bibit babi yang disalurkan. Di Kecamatan Rungan tepatnya di Kelurahan Jakatan Raya bibit ternak bagi yang disalurkan berjumlah 20 ekor, di Desa Tumbang Jutuh berjumlah 20 ekor babi, dan 50 ekor, sedangkan di Kecamatan Rungan tepatnya di Desa Jangkit ada 30 ekor babi.

Kedepan, bantuan bibit ternak yang berasal dari dana aspirasi Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas masih akan berlanjut, hanya akan disalurkan secara bergantian.

“Masih ada dari dana aspirasi tiga orang anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) lainnya. Rencananya akhir September hingga Oktober nanti akan kita salurkan,” ucapnya.

Menurutnya, selain menerima bibit hewan ternak yang berasal dari dana aspirasi DPRD Kabupaten Gunung Mas, masyarakat juga telah menerima bantuan bibit hewan ternak yang berasal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Beberapa diantaranya adalah bibit itik, ayam buras, dan babi.

Ia pun berharap bantuan yang telah diterima tersebut dapat dikembangbiakkan dengan baik, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri. “Kami dari DPKP Kabupaten Gunung Mas juga siap membantu masyarakat untuk mengembangkan bibit tersebut,” tandasnya.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.