Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong hari ini menyampaikan pidato, pengantar nota keuangan pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2019, pada rapat paripurna ke-5 (lima) masa persidangan I (kesatu) tahun sidang 2018. Kegiatan tersebut digelar di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Gunung Mas, Rabu (7/11/2018) pagi.

Turut hadir, Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong, Ketua DPRD Drs. Gumer Wakil Ketua DPRD Rista Wati T Alang, yang mewakili Kapolres Gunung Mas Kabag Sumda Kompol Almer Silaholo, yang mewakili Kejari Kasi Pidum Muhammad Hamidun Noor, SH, Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si, Asiten I Drs. Ambo Jabar, Asisten II Ir. Yohanes Tuah, M.Si, kepala perangkat daerah dan berbagai pihak terkait lainnya.

Dalam sambutan Bupati mengatakan, dalam RPJMN 2015 – 2019, ditetapkan 7 (tujuh) kebijakan pembangunan Nasional, yang harus menjadi acuan bagi pemerintah daerah, yakni sebagai berikut : 1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

2. meningkatkan pengelolaan dan nilai tambah sumber daya berkelanjutan; 3. Mempercepat pembangunan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan; 4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup, mitigasi bencana alam dan perubahan iklim; 5. Penyiapan landasan pembangunan yang kokoh; 6. Meningkatan kualitas sumber daya yang berkeadilan; 7. Mengembangkan dan memeratakan pembangunan daera.

Sesuai dengan tugas dan wewenang Kepala daerah berdasarkan pasal 65 ayat 1 point d Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, maka melalui kesempatan yang sangat penting ini, saya menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang Anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gunung Mas tahun Anggaran 2019, pendapatan berjumlah Rp. 1.012.370.376.741.,00. Belanja berjumlah Rp. 1.013.020.376.741,00 defisit Anggaran sebesar Rp. 650.000.000,00

“Perlu kami jelaskan bahwa peningkatan belanja tidak langsung pada tahun Anggran 2019 ini terutama terkait pembayaran tunjangan berdasarkan beban kerja dan uang makan ASN tahun 2018, pengalokasian gaji, tunjangan berdasarkan beban kerja dan uang makan untuk CPNS, serta pengalokasian anggaran untuk dana desa tahun 2019.

Melalui kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali kepada perangkat daerah, agar dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka merealisasikan target pendapatan.

“Saya berharap dengan modal kerja yang harmonis selama ini, kita semua dapat menjalankan tugas dan fungsi kita masing-masing dengan baik untuk kita persembhakan bagi masyarakat Kabupaten Gunung Mas ini,” tandasnya.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.