Pembukaan Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih di Aula Tampung Penyang Kota Kuala Kurun, Senin (5/8/2019).  

Gunung Mas  – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan kegiatan pembukaan pembinaan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih ditingkat kabupaten setempat di Aula Tampung Penyang Kota Kuala Kurun. Melalui Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO), Yunika Simpei menyampaikan pembinaan seperti ini merupakan kegiatan tahunan dalam menghadapi momen hari kemerdekaan.

“Pelatihan dan pembinaan ini bertujuan untuk mempersiapkan para anggota Paskibraka tingkat kabupaten kita yang akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Agar merka bisa menjadi pemuda yang handal dan berkemampuan tinggi dalam kebersamaan yang kompak, sebagai satu kesatuan yang bersatu dalam Paskibra ini,” jelasnya saat menyampaikan sambutan, Senin (5/8/2019).

Ia juga menerangkan, para peserta ini masih berstatus sebagai calon anggota Paskibraka, sekalipun mereka sudah diseleksi ditingkat SMA/K se-Kabupaten Gumas. Hal tersebut dikarenakan para calon masih belum tuntas mengikuti pembinaan tersebut.

“Adik-adik ini merupakan orang yang terpilih dari sekolahnya masing-masing, jadi saya harapkan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dan gunakan kesempatan ini dengan baik serta bertekunlah dalam mengikuti semua prosesnya,” harapnya.

Ia juga menambahkan, apabila para calon peserta ini dianggap mampu mengikuti seluruh proses pembinaan. Maka mereka wajib dikukuhkan dan menjadi anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih nantinya.

“Bagi mereka yang tidak mampu mengikuti dan belum memenuhi persyaratan dan ketentuan dari pihak panitia, maka dengan sangat terpaksa untuk dikembalikan ke sekolahnya masing-masing,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Panitia Seleksi yang juga merupakan Sekretaris DPKO Kabupaten Gumas, Siren menambahkan, total dari seluruh calon peserta Paskibraka tahun 2019 berjumlah 62 orang dengan rincian, SMAN 1 ada 28 orang, SMKN 1 Kurun ada 7 orang, SMA Katholik ada 4 orang, SMAN 2 Kurun ada 3 orang, SMAN 1 Tewah ada 5 orang, SMAN 1 Rungan ada 3 orang, SMKN 1 Rungan Hulu ada 1 orang, SMKN 1 Rungan Barat ada 1 orang, SMKN 1 Manuhing sebanyak 1 orang, SMAN 1 Manuhing Raya ada 1 orang, SMAN 1 Sepang ada 4 orang, SMKN 1 Mihing Raya ada 2 orang, SMAN 1 Miri Manasa ada 1 orang, SMAN 1 Damang Batu sebanyak 1 orang.

“Pelaksanaan pembinaan ini dilaksanakan mulai tanggal 4 – 18 Agustus 2019 dan para peserta ini akan diinapkan di Hotel Gunung Mas kota Kuala Kurun,” tutupnya.