FOTO BERSAMA : Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Agung Pambudi didampingi Kepala Distranakerkop dan UKM Kabupaten Gumas Letus Guntur berfoto bersama dengan para pelaku usaha pada sosialisasi wisata akuisisi peserta penerima upah (PU) skala Usaha Kecil Mikro, di GPU Tampung Penyang, Senin (21/10/2019) sore.

Gunung Mas – Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Palangka Raya bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Distranakerkop dan UKM) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar sosialisasi wisata akuisisi peserta penerima upah (PU) skala Usaha Kecil Mikro.

”Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha, agar mendaftarkan karyawan mereka ke dalam kepesertaan BPJS ketenagakerjaan,” ucap Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Agung Pambudi, di GPU Tampung Penyang, Senin (21/10/2019) sore.

Sekarang ini, kata dia, masih ada ditemukan pelaku usaha yang kurang mengerti dan paham mengenai program dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, pihaknya gencar turun ke lapangan untuk mensosialisasikan apa saja program yang ada di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

”Kami pun sudah ada kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas dalam hal mendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Melalui sosialisasi ini, para peserta yang hadir bisa memperkenalkan program BPJS kepada pelaku usaha lainnya,” ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Distranakerkop dan UKM Kabupaten Gumas Letus Guntur mengatakan, sosialisasi ini diikuti oleh para pelaku usaha UKM di Kelurahan Kuala Kurun dan Tampang Tumbang Anjir.

”Sangat penting bagi para pelaku usaha untuk mendaftarkan karyawannya ke dalam BPJS Ketenagakerjaan, karena apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja, maka mereka akan mendapatkan tanggungan dari BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Dia menuturkan, sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, sekaligus dalam rangka mengindentifikasi bidang usaha yang digeluti oleh para pelaku usaha.

”Dengan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, maka karyawan akan mendapatkan jaminan keselamatan dalam bekerja. Untuk mekanisme pendaftarannya, nanti kita atur bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” tukasnya.