SERAHKAN : Kepala Disdikbud Kabupaten Gumas HM Rusdi didampingi Kepala SLBN Kuala Kurun Martha, menyerahkan bantuan seragam kepada peserta didik SLBN Kuala Kurun, Senin (21/10) pagi.

Gunung Mas – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menyerahkan bantuan berupa pakaian seragam sekolah, kepada peserta didik berkebutuhan khusus, di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kuala Kurun.

”Bantuan seragam sekolah ini diberikan kepada 33 orang peserta didik, berupa seragam nasional, batik, pramuka, dan olahraga. Bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2019,” ucap Kepala Disdikbud Kabupaten Gumas HM Rusdi, Senin (21/10) pagi.

Dia mengakui, dalam mendidik dan membina peserta didik yang berkebutuhan khusus dibutuhkan kesabaran dan ketulusan, sehingga mereka juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar, serta menuntut ilmu sebagaimana anak-anak lainnya.

”Untuk itu, kami ingin kepala sekolah (kepsek) dan para tenaga pendidik di SLBN Kuala Kurun dapat menjalankan tugas mereka dengan tulus dan ikhlas, karena yang dihadapi adalah peserta didik yang luar biasa,” tutur Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gumas ini.

Sementara itu, Kepala SLBN Kuala Kurun Martha mengakui, selama ini ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengajar peserta didik berkebutuhan khusus, diantaranya ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai, dan masih kurangnya jumlah guru.

”SLBN Kuala Kurun ini merupakan sekolah merintis. Sekarang ini, jumlah guru hanya berjumlah sembilan orang. Dari jumlah itu, hanya ada satu orang yang berlatar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB), sedangkan sisanya merupakan guru umum,” tuturnya.

Dia pun berharap kepada para guru agar mengajar peserta didik dengan hati, kesabaran, ketulusan, dan menjadi pelayan yang baik dalam mendidik anak-anak di SLBN Kuala Kurun.

”Kami berharap kedepan, nantinya akan ada penambahan guru yang mengajar di SLBN Kuala Kurun,” tukasnya.