FOTO BERSAMA : Fasilitator dan Penggagas CU Central Borneo Yepta Diharja, Riro Harianto, Yepta H Jinal, Mitra Tanjung, Evandi, Untung Jaya Bangas, Six Crown, Riky Wardianto,  Andika Saputra, Kaperdo, Bripka E.M Hutauruk, Antony L Jaga, berfoto bersama usai kegiatan strategis planning dan lokakarya pembentukan koperasi keuangan di Kabupaten Gumas, di Ruang Rapat Lantai I Kantor Bupati, Senin (28/10).

Gunung Mas – Credit Union (CU) Central Borneo yang baru saja didirikan dengan slogan Kapakat Manggatang Pambelum, menggelar kegiatan strategis planning dan lokakarya pembentukan koperasi keuangan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

“Lokakarya ini bertujuan untuk menggali isu-isu strategis dengan melakukan analisis melalui diskusi, sehingga menghasilkan kesepakatan bersama untuk mendirikan koperasi keuangan di Kabupaten Gumas,” ucap salah satu penggagas CU Central Borneo Yepta Diharja, Selasa (29/10).

Dia menuturkan, isu-isu strategis tersebut yakni berkaitan dengan peningkatan kualitas, kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), agar memiliki daya saing dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDM), untuk memenuhi kesejahteraan hidup masyarakat.

“Diskusi ini kita anggap perlu sebagai upaya membangun kegiatan usaha bersama dan mandiri dalam wadah koperasi, agar dapat berkelanjutan melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan, untuk meningkatkan SDM tanpa harus bergantung dengan pihak lain,” ujarnya.

Sebagai upaya membangun kegiatan usaha bersama dan mandiri dalam wadah koperasi, lanjut dia, dibentuk koperasi keuangan yakni CU Central Borneo, yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kualitas anggota, bukan pada hasil investasi atau bunga simpanan.

“Dalam pembentukan CU Central Borneo ini, kita memiliki misi meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM anggota, melalui pendidikan dan pelatihan untuk terwujud kesejahteraan bersama. Sedangkan visi, menjadikan CU yang berbasis pemberdayaan masyarakat, berintegritas, mandiri, dan berkelanjutan,” tegasnya.

Dia menuturkan, modal awal kapitalisasi koperasi keuangan CU Central Borneo ini bersumber dari swadaya anggota dalam bentuk simpanan yang dikelola dalam bentuk pinjaman, dan hasilnya sebagian besar digunakan untuk pemberdayaan SDM anggota.

“Dari 44 orang yang sudah terdaftar sebagai anggota CU Central Borneo, telah terkumpul modal awal sebesar Rp 1 Miliar,” tukasnya.

Visi       : Credit Union berbasis pemberdayaan masyarakat, berintegritas, mandiri, dan berkelanjutan.
Slogan : Kapakat Manggatang Pambelum.