MELEPAS : Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, SE., M.Si didampingi Wakil Bupati Ir. Efrensia L.P Umbing, M.Si saat melepas peserta pawai Ta’arup. Foto PROTOKOL GUMAS.

Gunung Mas – Pelepasan Pawai Taaruf Musabagah Tilawatil Qura’n (MTQ) ke XV Tingkat Kabupaten Gunung Mas diawali dengan Kafilah Kecamatan Sepang.

Peserta dilepas langsung oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, SE., M.Si bertempat di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (11/11/2019).

Pelepasan Pawai Taaruf yang diikuti ratusan peserta dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Gunung Mas  ditandai dengan pengibaran bendera star oleh Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, SE., M.Si. didampingi Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Wakil Bupati Gunung Mas Ir. Efrensia L.P.Umbing, M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Rudi Ruswoyo, S.H, MH, Kejari Gunung Mas Koswara, SH., MH, Ketua Pengadilan Agama Aliudin, SH.,MH, Kemenag Anang Rusli, Yang mewakili Kapolres Gumas kabag Sumda Kompol Surya Pahmi, Kepala SKPD, serta undangan lainnya.

Dalam pelaksanaan pawai ta’aruf tersebut tidak hanya dilakukan sebagai acara seremonial prosesi pembukaan MTQ ke XV semata, akan tetapi juga merupakan salah satu cabang lomba yang akan dinilai oleh dewan juri. Pemenang pawai ta’aruf tersebut akan diumumkan pada saat penutupan MTQ ke XV.

“Pawai Ta’aruf ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan MTQ ke XV, dan juga sebagai tanda dimulainya perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang dilaksanakan pada tanggal 10-14 November kata Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, SE., M.Si.

Katua panitia MTQ ke XV tingkat Kabupaten tahun 2019 Tarmiji menuturkan, pelepasan MTQ tersebut diikuti oleh Kecamatan Sepang, Kecamatan Tewah, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Rungan barat, Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Rungan, Kecamatan Manuhing, Kecamatan Kurun sebagai tuan rumah.

“Secara keseluruhan, kafilah yang mengikuti MTQ ke XV berjumlah 469 orang, Sepang berjumlah 65 orang Tewah 75 orang, Kahayan Hulu Utara 50 orang, Rungan Barat, 45 orang, damang Batu 52 orang Rungan 53 orang, Manuhing 52 orang dan Kurun 77 orang,” pungkasnya.