Sekda Kabupaten Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si meminpin rapat koordinasi penetapan ruang daerah kabupaten Gunung Mas tahun 2019, Kamis (28/11/2019).

Gunung Mas – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gunung Mas menggelar rapat koordinasi tim penataan ruang daerah Kabupaten Gunung Mas tahun 2019 di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Gunung Mas, Kamis (28/11/2019).

Sekda Gunung Mas selaku Ketua TKPRD Drs. Yansiterson, M.Si mengatakan, perkembangan daerah Kabupaten Gunung Mas akhir-akhir ini mengalami pertumbuhan yang pesat, baik dari sisi ekonomi ditandai dengan meningkatnya investrasi dalam sektor pertanian, perkebunan, pertambangan dan industri, selain itu dari aspek infrastruktur baik itu transportasi, energi, telekomunikasi dari air bersih.

Selain itu juga fungsi TKPRD sesui dengan Permendagri Nomor 16 Tahun 2017 adalah bertugas mengoordinasikan dan merumuskan penyusunan rencana tata ruang Kabupaten/Kota.

“Dalam hal ini perlu dilaksanakannya program sinkronisasi fungsi bidang tata ruang melalui rapat koordinasi dengan Stakeholder terkait dengan perumusan kebijakan penetapan ruang daerah, dan pengaktifan kembali fungsi TKPRD Kabupaten melalui peremajaan SK TKPRD dengan surat keputusan Bupati Nomor 141 Tahun 2018,” ujarnya.

Maksud dan tujuan rapat tersebut adalah memberikan arahan bagi pemerintah Kabupaten/Kota dalam menata ruang daerah sehingga terjadi konsisten dan keserasian dalam perencanaan dan pemanfaatan ruang baik secara nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Kegiatan rapat Koordinasi ini juga merupakan wadah bagi Stakeholder terkait dalam menyampaikan sarana, masukan terkait dengan pemanfaatan ruang di wilayah Kabupaten Gunung Mas,” pungkasnya.