Kadinkes dr Maria Efianti (Kanan) bersama Wabup Gumas Efrensia LP Umbing (kir).

Gunung Mas – dr. Maria Efianti, mengatakan enam langkah yang sudah dan akan dilakukan pihaknya dalam mencapai target eliminasi (menghilangkan) tuberculosis (TBC) di Kabupaten Gumas hingga tahun 2025.

“Langkah pertama mendorong Puskesmas sebagai ujung tombak dalam melakukan deteksi dini kasus TBC, dengan melibatkan peran serta masyarakat dengan melatih kader kader kesehatan didesa. Para kader itu diharapkan membantu petugas kesehatan dalam menemukan kasus secara dini dan menjadi pengawas minum obat,” terang Maria, Selasa (28/1) Langkah kedua, lanjut dia,

memfasilitasi tersedianya alat TCM (tes cepat molekuler) di Rumah Sakit Kuala Kurun guna menemukan penderita TBC, terutama TBC resisten obat.

“Langkah ketiga menjamin ketersediaan obat dan logistik TBC. Langkah keempat mendorong upaya promotif preventif dengan penyediaan media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) TBC, kampanye TOSS (temukan obati sampai sembuh) TBC dan peningkatan cakupan imunisasi dasar, termasuk BCG,” ujar Maria.

Langkah ke lima, sebut Maria, melakukan bimbingan teknis terkait penanggulangan TBC, serta langkah keenam, kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Kerjasama yang baik lintas sektor pemerintah,sektor swasta,LSM dan peran serta seluruh masyarakat sangat diperlukan dalam hal menemukan kasus TBC secara dini yang diikuti pengobatannya sampai tuntas,” katanya.