Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas,  Efrensia LP Umbing Membuka secara resmi Focus Group Discussion Penilaian Tahap II Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah di aula Bappeda Kabupaten Gunung Mas, Selasa (11/02/2020).

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing Membuka Kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Turut hadir dalam kegitan tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, tim penilai PPD, kepala perangkat daerah dilingkup pemkab Gunung Mas, serta undangan terkait lainnya.

Wakil Bupati Gunung Mas Ir. Efrensia L.P. Umbing menyampaikan Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di daerah. Dengan harapan. melalui PPD ini Pemerintah daerah dapat termotivasi untuk senantiasa menyiapkan dokumen Rencana kerja Pemerintah daerah (RKPD) dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur serta dapat dilaksanakan.

“Sejak tahun 2011, Kementerian PPN/Bappenas secara rutin memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah. Penilaian penghargaan tersebut kini lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah” katanya.

Ditambahnya, RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2020 sudah disusun sedemikian rupa dengan menyelaraskan dan mensinergikan prioritas Pusat hingga Provinsi.

Selanjutnya, Isu-isu strategis baik berskala regional, provinsi, nasional, maupun internasional telah dianalisis untuk mendapatkan kerangka kebijakan atas peluang apa yang harus dimanfaatkan dan ancaman apa yang harus diantisipasi. Rumusan kebijakan inilah yang akan menjadi prioritas pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gunung Mas.