Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si menyampaikan sambutannya kegiatan Bintek penguatan penyelenggaraan SPIP dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas, Rabu (18/2/2020).

Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis tentang penguatan penyelenggaraan SPIP dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Bintek SPIP diselenggarakan di Aula Inspektorat Kabupaten Gunung Mas, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si menyampaikan sistem pengendalian internet adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.

“Sedangkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, yang selanjutnya disingkat SPIP, adalah Sistem Pengendalian Internal yang diselenggarakan secara menyeluruh, di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kita berssyukur bahwa berdasarkan hasil Quality Assurance (QA) Tahun 2019 yang dilakukan Oleh BPKP, selaku Pembina SPIP, bahwa maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah berada pada level 3.

“Ditambahkannya, dalam rangka penguatan SPIP ini, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas  telah melakukan kerjasama dengan perwakilan BPKP Provinsi Kalimatan Tengah,” ujarnya.

Penguatan SPIP dan penguatan kapabilitas APIP, merupakan salah satu upaya respon atau  mitigasi risiko, berupa solusi penyelesaian terhadap kondisi bangsa saat ini, yang menuntut peran serta seluruh perangkat daerah termasuk APIP, untuk berkinerja secara efektif, yang didukung tersediaanya sumber daya manusia yang profesional, dengan pengembangan kompetensi yang berkelanjutan.

“Beliau berharap, seluruh peserta dapat mengikuti Bintek dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga hasil dari Bintek yang diikuti memberikan pengaruh dan manfaat untuk mendukung kinerja seluruh perangkat daerah,” tandasnya.