Gunung Mas – Rampung sudah pembangunan jembatan gantung desa Upon Batu, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Camat Tewah Hengki Panti dan Isteri saat melintas di Jembatan Gantung desa Upon Batu.

Camat Tewah, Hengki Panto mengapresiasinya, dan menyatakan jembatan gantung itu merupakan kebutuhan masyarakat desa yang dipergunakan dalam menunjang aktivitas masyarakat dan pemerintah desa, dan salah satu determinan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa Upon Batu.

“Dengan adanya jembatan gantung, objek wisata yang ada di desa Upon Batu semakin ramai dikunjungi masyarakat Gunung Mas, Kalteng umumnya, Nasional bahkan Internasional. Masyarakat desa Upon Batu akan mendapatkan manfaat dari jembatan gantung tersebut,” kata Hengki, Kamis (20/02/2020).

Masyarakat desa Upon Batu, Henki minta untuk dapat memanfaatkan business opportunity (peluang usaha) yang ada untuk peningkatan perekonomian dengan terbangunnya jembatan gantung.

“Ini (desa Upon Batu,red) kan salah satu desa wisata di Kabupaten Gunung Mas. Jembatan gantung yang sudah terbangun diharapkan mampu meningkatkan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Hengki.

Terlepas dari sudah rampungnya pembangunan jembatan gantung, Hengki berharap kepala desa Upon Batu dan perangkat desa lainnya tetap melaksanakan pembangunan di desa Upon Batu yang bersumber dari dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

“Dana desa dan alokasi dana desa salah satu  determinan bagi peningkatan kemajuan desa Upon Batu. Pengelolaannya (DD/ADD) harus sesuai regulasi yang ada, dan tetap bersinergi dengan program Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, yakni smart tourismsmart farming dan smart human resource,” ujar Hengki.

Dibincangi via seluler, anggota DPRD Gumas Pdt Rayaniatie Djangkan menyambut baik selesainya pembangunan jembatan gantung di desa Upon Batu. Dia berharap kunjungan wisatawan ke objek wisata Batu Suli yang ada di desa Upon Batu kian meningkat.

“Kalau kunjungan wisatawan makin meningkat ke desa Upon Batu, dan masyarakat desa serta pemerintah desa bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada, maka perekonomian masyarakat akan meningkat, desa pun bertambah maju,” kata Raya.

Anggota DPRD Gumas Komisi II Pdt Rayaniatie Djangkan, M.Th.

Anggota komisi II DPRD Gumas yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan itu menyebut, di Batu Suli terdapat kuburan Nyai/Amai Rawang, Kaleka Betang Amai Rawang, Batu Tingkes, Batu Antang dan wisata alam menarik lainnya.

“Jembatan gantung memberi kebaikan kepada masyarakat desa Upon Batu dan masyarakat Gunung Mas umumnya. Masyarakat desa Upon Batu dan masyarakat umumnya yang melintasi jembatan gantung, ayo bersama-sama menjaga dan merawat jembatan gantung tersebut,” pungkas Raya, Politikus PAN cukup berpengaruh.