Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing hadiri sekaligus membuka kegiatan pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian lapangan tingkat Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pertanian di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa 25/02/2020.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing Menyerahkan Infograpis berupa sisteminformasi kalender tanaman (Katam) kepada Penyuluh pertanian Kecamatan Tewah, ini sangat bermanfaat untuk mendukung pembangunan pertanian di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Selasa (25/2/2020).

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Binartha, narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Dr. Susilawati, SP., M.Si,  Kadis Pertanian Rody Arsito Robinson, Kadis Perikanan Letus Guntur, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gunung Mas, Hendri, SH Kasat intel Polres Gunung Mas AKP Tri Prasetyo, Camat se Kabupaten Gubung Mas, para pejabat di lingkup Dinas Pertanian, serta Penyuluh Pertanian yang ada di seluruh Kecamatan  Se – Kabupaten Gunung Mas.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Efrensia berharap, melalui pertemuan teknis penyuluh pertanian lapangan tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020 ini, menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, singkronisasi dan sinergisitas. Sehingga penyelenggaraan sistem penyuluhan memiliki prestasi yang sama, menetapkan metode, teknis, media dan program pertanian yang tepat serta mensukseskan program pembangunan pada umumnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Efrensia berharap kepada pemerintah pusat agar mengupayakan penambahan kuota penerimaan tenaga penyuluh pertanian. Karena, tenaga penyuluh yang ada tidak sebanding dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas, Rody Arsito Robinson menyampaikan jumlah tenaga penyuluh lapangan Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas sebanyak 49 orang dengan rincian PPL PNS 28 orang, THL- THPP sembanyak 15 orang, PPL PTT sebanyak 3 orang dan petugas POPT 3 orang.