Gunung Mas – Perpisahan sederhana dilakukan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupten Gunung Mas (Gumas) di Kantor Disdikpora Gumas, Jumat (28/02/2020). Kegiatan digelar menjelang purna tugas Kepala Disdikpora Gumas, Agung pada 1 Maret 2020.

Kadisdikpora Gumas, Agung menyampakan sambutan pada acara perpisahan purna tugas dirinya.

Agung berpesan kepada ASN dan PTT Disdikpora serta tenaga kependidikan di Gumas untuk menjalankan pengabdian dengan tulus, ikhlas, disiplin, memahami dan menaati aturan yang berlaku, serta rendah hati.

“Hal itu diperlukan dalam membangun Pendidikan di Kabupaten Gunung Mas yang semakin baik. Terwujudnya peserta didik dengan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul, karena SDM uggul menjadikan Kabupaten Gunung Mas dan Kalimantan Tengah umumnya semakin maju,” kata Agung.

Agung yang tahun 1973 bersekolah di SDN Desa Tumbang Mahuroi minta ASN dan PTT Disdikpora serta tenaga kependidikan di Gumas untuk menciptakan suasana kerja yang baik, jauh dari perselisihan, perbantahan, iri hati, kesombongan, merasa diri paling pintar dan hal negatif lainnya.

“Kepala sekolah dan guru harus kompak, setia dan mencintai tugas seperti halnya setia dan cinta pada isteri ataupun suami. Dengan setia dan cinta pada tugas, penghasilan dan berkat lainnnya akan diperoleh, dan yang terutama terwujudnya siswa didik yang pintar dan berkarakter baik,” kata Agung yang 9 tahun, 11 bulan, 21 hari menjadi guru.

Agung mengaku apa yang dirasakan guru, ia pun merasakannnya, sehingga dirinya bisa mengingatkan guru untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya dan selurus-lurusnya. Pun halnya ASN dan PTT Disdikpora dimintanya untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab, saling menghargai dan tidak berbuat hal negatif yang merugikan karir dan keluarga.

Sekretaris Disdikpora Gumas, Singong menyatakan banyak pelajaran baik yang diberikan Agung yang patut diteladani ASN dan PTT serta tenaga kependidikan di Gumas.

“Di akhir pengabdiannya, beliau memberikan arahan dan motivasi kepada peserta didik dan tenaga kependidikan. Semua yang beliau sampaikan menjadi pemacu semangat peserta didik untuk maju menggapai masa depan yang gemilang, dan bagi tenaga kependidikan untuk terus melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik demi peserta didik yang berkualitas,” ujar Singong.

Bupati Gumas dalam hal ini diwakili, Asisten Administrasi Umum Setda Gumas, Untung menyampaikan apresiasi terhadap pengabdian Agung.

“1 Maret 2020 beliau sudah pensiun. Pengabdian yang beliau lakukan merupakan ibadah yang kiranya memberikan manfaat bagi masyarakat dan memberikan kebaikan bagi beliau dan keluarga. Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai beliau dalam segala rencananya ke depan, dan kita yang masih menjalankan ibadah, kiranya kita menjalankannya dengan baik, dan menjadi berkat bagi sesama,” ulas Untung.

Melalui telepon, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Muhammad Aliyuddin menyampaikan selamat kepada Agung yang memasuki purna tugas. Dia menilai mantan Sekwan itu sosok yang bersahaja dan  rendah hati, pekerja keras, smart dan pandai bergaul.

“Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai beliau dalam segala aktifitasnya. Sumbangan pemikiran beliau tetap dibutuhkan dalam membangun Kabupaten Gunung Mas kedepan menuju Kabupaten yang semakin maju dan meningkat kesejahteraan masyarakatnya,” kata Ali.

Kegiatan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Lurand, pejabat eselon III dan IV pengawas serta staf ASN dan PTT Disdikpora, sejumlah kepala sekolah dan Korwil Kecamatan dan undangan lainnya.