Gunung Mas –  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Gunung Mas menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2020, Selasa (3/3/2020).

Tampak dari belakang para peserta duta Genre Kabupaten Gunung Mas sedang mengikuti seleksi tertulis.

Sebanyak 26 remaja mengikuti seleksi Duta Genre Kabupaten Gunung Mas yang datang dari daerah Kecamatan di Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu dari hari Selasa tanggal 3 sampai dengan hari Sabtu tanggal 8 Maret 2020 di acara Final Malam Pesona dan Penganugrahan Duta Genre oleh Bupati Gunung Mas.

Proses pemilihan hari ini diawali dengan registrasi, tes tertulis dan psikologi di Aula DP2KBP3A serta besok dilanjutkan penilaian meliputi tes wawancara, penyuluhan, materi-materi, cerdas cermat, pentas seni, uji ketangkasan dan kekompakan.

Ketua panitia, Novi Anggraini mengatakan, pemilihan Duta Genre bertujuan mewujudkan remaja yang bisa menjadi teladan yang baik, motivator, konselor terhadap teman sebaya sesama remaja, serta dapat menyebarkan virus Genre di kalangan remaja.

“Para Duta Genre diharapkan membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di Kabupaten Gunung Mas, sehingga kegiatan remaja akan lebih terarah dan positif,” kata Novi Anggraini.

”Kami berharap, remaja mengetahui delapan substansi Genre, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba/napza, seks bebas dan terhindar dari HIV/AIDS,” jelas Calvin, pada saat pembukaan Pemilihan Duta Genre di Aula DP2KBP3A Kabupaten Gunung Mas.