Seluruh peserta saat Foto bersama dengan Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, di GPU Damang Batu.

Gunung Mas – Sebanyak 140 peserta dari delapan kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gunung Mas mengikuti dan memeriahkan perlombaan pemilihan duta genre dan ajang kreativitas remaja tahun 2020 di GPU Damang Batu.

Ke-140 pelajar tersebut adalah pelajar SMA, SMP, dan SMK yang berasal dari 8 kecamatan diantaranya, Kecamatan Sepang, Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat serta Manuhing.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DP2KBP3A Gunung Mas, Isaskar mengatakan kegiatan tersebut untuk mengembangkan pemahaman, kreativitas, bakat, ketrampilan dan sportivitas.

“Serta peningkatan komitmen dan partisipasi remaja dalam program generasi berencana,” ujarnya saat menyampaikan laporan ketua panitia pemilihan duta generasi dan ajang kreativitas remaja tahun 2020, Kamis 5 Maret 2020 malam.

Tema yang diusung dalam kegiatan, lanjutnya yaitu ‘agen of change’. Tema tersebut merupakan perubahan atau peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang menunjuk perubahan biologis, psikologis dan sosial.

Sehingga remaja juga seringkali didefinisikan sebagai periode transisi antara usia belasan tahun, atau seseorang yang menunjukan tingkah laku tertentu seperti susah diatur.

“Melalui ‘agen of change’, kami berharap para peserta, bisa menjadi model yang positif dan membawa perubahan yang baik bagi teman sekolah atau bagi saudara, serta bagi forum genre sendiri,” imbuhnya.

Sementara Kepala Perwakilan Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Provinsi Kalteng, Muhamad Rizal menuturkan kegiatan tersebut merupakan salah satu program positif pihaknya dalam rangka menciptakan SDM yang unggul.

“Oleh sebab itu, kami dari BKKBN  menyusun program pembangunan keluarga dimana program tersebut sosiaisasikan melalui PKBR khusus untuk anak-anak remaja,” jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Gunung,  Jaya S Monong menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, sebab menurutnya selaras dengan program prioritas yaitu smart human resources atau SDM yang unggul dan cerdas.