Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Pimpin langsung rapat antisipasi Virus Corona, didampingi Wakil Buapati Efrensia LP Umbing, Sekdss Gunung Mas Yansiterson, Asisten III Untung, di ruang rapat lantai I Kantor Bupati, Senin (16/3/2020).

Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) menggelar rapat koordinasi lintas sektor mencegah penyebab Virus Corona (COVID-19). Rapat langsung dipimpin oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, SE., M.Si, didampingi oleh Wakil Bupati Gunung Mas Ir. Efrensia LP Umbing, M.Si, Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si, Asisten III Untung, SE, MM di ruang rapat lantai 1 Kantor  Bupati, Senin (16/3/2020).

Pada kesempatan tersebut Jaya Samaya Monong menghibau masyarakat agar tidak perlu panik atau khawatir berlebihan dalam menanggapi fakta terkait wabah Virus Corona. Namun Jaya juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Jaya Samaya Monong menyampaikan yang pertama agar membentuk gugus tugas atau satgas dari BPBD, dan yang kedua agar membuat surat edaran, surat edaran ini nanti mencakup umum untuk tindakan pencegahan ini adalah tugas Pemerintah Daerah surat edaran tersebut untuk masyarakat, dinas badan terkait, untuk lembaga keagamaan.

Yang kedua untuk germas ini cara kita membuat Hand Sanitizer ini ada yang lebih ahlinya nanti kita serahkan Dinas terkait dalam hal ini Rumah Sakit kita bersama-sama bersepakat terkait bencana Corona kita lakukan pencegahan.

“Jaya Samaya Monong juga meminta agar melakukan pengukur suhu tubuh di tempt-tempat pelayanan publik, di kantor-kantor juga di tempat umum  ini juga perlu diadakan salah satu antisipasi upaya dengan melakukan pencegahan. Bagaimana dengan melakukan itu nanti melalui anggaran kita karena ini termasuk penanganan yang sipatnya urgen bencana non alam,” tegasnya.

Dia juga menghimbau tidak ada apel gabungan pada tanggal 17 Maret 2020, dan untuk sekolah-sekolah di Kabupaten Gunung Mas, dari tingkat Paud, TK, SD, SMP mulai tanggal 17-30 Maret 2020 diliburkan selama 14 hari.

“Untuk absen sidik jari atau wajah (finger print) bagi pegawai ASN maupun PTT tetap berjalan seperti biasa, juga apel pagi dan sore,” tegas Jaya Samaya Monong.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas dr. Maria Efianti mengatakan, agar melakukan germes melakukan kebersihan bersama ditempat-tempat publik ini sipatnya pencegahan supaya tidak semangkin menular Virus Corona.