Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Disampaikan Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Selasa (17/3/2020). dalam himbauannya. Terkait bencana bencana global penyebaran virus corona ke seluruh dunia dab saat ini sudah masuk ke Indonesia.

Bahwa pemerintah republik Indonesia telah menetapkan status wabah virus corona atau Covid-19 sebagai bencana nasional.

Cegah penyebar Corona Pemkab Gumas lakukan penyemprotan disinfektan di kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (17/2020).

“Saya menghimbau kepada masyarakat Gunung Mas untuk tetap menjaga kewaspadaan dan membantu menahan laju penyebaran Covid-19 melalui aksi sederhana tetapi berdampak besar, dengan meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat atau yang kita kenal dengan istilah GERMAS melalui langkah-langkah :

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat petugas kesehatan, melakukan pemeriksaan sushu badan.

Rajin mencuci tangan pakai sambun setelah selesai melaksanakan aktifitas, menhindari terlalu sering menyentuh muka, menjaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin, kurangi beraktifitas di keramaian kecuali sangat diperluka, meningkatkan konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak makan buah-buahan dan sayur, meningkatkan daya tahan tubuh dengan olah raga secara teratur dan istirahat yang cukup, himdari kontak dengan hewan penular, makan makanan yang dimasak sempurna jangan mengkonsumsi daging hewan yang berpotensi menularkan, minum air mineral minimal 8 gelas setiap hari dan tidak meroko.

Bila terdapat gejala batuk, pilek, dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat, gunukan masker bila terdapat gejala batuk dan pilek.

“Hal yang terpenting juga adalah jangan lupa berdoa,” pungkasnya.