SALAM : Kepala BPS Kabupaten Gumas Waras, Ketua PWI Popy Oktovery, petugas sensus, dan anggota PWI, melakukan salam sensus penduduk 2020, di Kantor Sekretariat PWI setempat, Kamis (19/3). FOTO : PWI GUNUNG MAS.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 secara online yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terus berjalan. Sampai sejauh ini, progresnya sudah melampaui target yang ditetapkan. Keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak, mulai dari Kepala Daerah, DPRD, masyarakat, termasuk kalangan wartawan.

”Target kami pada pelaksanaan sensus penduduk online adalah 2.550 Kartu Keluarga (KK) yang sudah terkirim datanya. Saat ini, target tersebut sudah terlampaui,” ucap Kepala BPS Kabupaten Gumas Waras, usai mengunjungi Kantor Sekretariat PWI, Kamis (19/3).

Dia mengatakan, data KK yang sudah terkirim tersebut tidak hanya berasal dari kecamatan yang memiliki jaringan telekomunikasi, namun juga dari seluruh kecamatan di Kabupaten Gumas. Hal itu bisa terjadi, karena pengisian secara online dapat dilakukan dimana dan kapan saja, selama memiliki jaringan telekomunikasi serta perangkat seperti smartphone, laptop atau komputer.

”Meskipun sudah melampaui target, kami akan terus mendorong masyarakat yang belum untuk segera melakukan sensus penduduk online, karena batas akhir pelaksanaannya pada 31 Maret 2020 mendatang,” ujarnya.

Dia menuturkan, sensus penduduk 2020 ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Dengan sensus ini, akan diketahui jumlah penduduk yang berdomisili di wilayah administratif terkecil yakni RT/RW, dan sebagai penguatan data administrasi kependudukan.

”Bagi masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk, kami minta untuk tidak perlu khawatir, karena nantinya juga akan dilaksanakan sensus penduduk wawancara pada Juli 2020 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Gumas Popy Oktovery mengakui, bahwa wartawan yang bernaung di organisasi PWI akan selalu mendukung program pemerintah, baik itu dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan.

”Salah satu yang dapat kami lakukan dalam mendukung program pemerintah adalah, dengan turut menyosialisasikan program pemerintah melalui pemberitaan yang terkait tentang sensus penduduk 2020,” tandasnya.