Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Tiga Damang di wilayah Kabupaten Gunung Mas dilantik oleh Bupati Gunung Mas, yakni Damang Kepala Adat wilayah Kedamangan Mihing Raya, Manuhing Raya, Damang Batu, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu, Rabu (3/6/2020) siang.

Sebagai Damang Mihing Raya Drs. Budie, Damang Kecamatan Manuhing Raya Salampak I. Akub, Damang Kecamatan Damang Batu Ngoa.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dalam sambutannya mengatakan, bermula dari semangat perdamaian Tumbang Anoi tersebut, para tokoh dan masyarakat dayak pada saat itu mulai beradaptasi dengan lingkungan, adat dan budaya secara umum, tanpa menghilangkan makna dari peradaban kehidupan sosial, adat istiadat serta kearifan lokal yang bersifat positif.

Dia menjelaskan, bahwa lembaga Adat Dayak baik lembaga Adat Dayak Provinsi, Lembaga Adat Dayak Kabupaten Gunung Mas, adalah suatu lembaga yang didirikan oleh putra putri Dayak Milenial.

Oleh sebab itu, Pemerintah dan kelembagaan Adat Dayak di Kalimantan Tengah (DAD), Damang, Mantir dan semua pemangku adat harus bersinergi satu dengan yang lain, untuk mencapai cita-cita luhur para tokoh dan pencetus perdamaian yaitu hidup sejahtera, rukun dan damai serta menjujung tinggi adat istiadat dengan kearifan lokal.

Dia berharap dalam pelantikan Damang tersebut dapat membangun kehidupan masyarakat Adat Dayak dan memperjuangkan hak-hak Adat Dayak dan hak-hak di wilayah masing-masing, untuk mewujudkan hal itu maka sangat diperlukan adanya kebersamaan, kerjasama dan koordinasi yang baik antara Damang Kepala Adat, Mantir Adat maupun dengan instansi terkait secara khusus dengan Pemerintah Daerah.

“Selamat dan sukses kepada Damang Kecamatan Mihing Raya, Damang Kecamatan Manuhing Raya, Damang Kecamatan Damang Batu yang sudah dilantik, selamat menjalankan tugas, melaksanakan dengan betul-betul dan jangan membeda-bedakan pelayanan tentunya agar Damang dapat menempatkan diri menjadi mitra Pemerintah dan menjadikan hukum adat serta mempertahankan adat Dayak,” ucap Jaya Samaya Monong.

Lebih lanjut untuk Damang, Mantir Adat lembaga Kedamangan ada yang terlibat narkoba terlibat perjudian bagaimana dia memberi contoh atau menghimbau kepada masyarakatnya, saya tidak bertoleransi kalau ada buktinya maka akan ditindak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

Mari kita rapatkan barisan untuk bersatu padu dan  bahu-membahu mejalankan amanah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, tunjukan kredibilitas dan tanggung jawab kita dalam rangka membangun kesadaran dan semangat dalam satu visi untuk membawa Kabupaten Gunung Mas menjadi Kabupaten yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri.” tandasnya.