Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP. Umbing memantau jalannya Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gunung Mas, bertempat di ruang seleksi pada BKPSDM, Selasa (14/07/2020).

MENINJAU : Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing meninjau pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama, di Kantor BKPSDM setempat, Selasa, (14/7).

Kegiatan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama itu, diikuti oleh peserta sebanyak 37 orang ASN Kabupaten Gunung Mas dan di luar Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong mengatakan, kegiatan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini transparan, terbuka dan tetap mentaati protokol Covid-19, sehingga seleksi ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Bupati menerangkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengisi Jabatan-jabatan yang lowong pada Dinas, Badan di lingkungan Kabupaten Gunung Mas.

Inti dari seleksi tersebut sesuai dengan tahapan-tahapan ini dari hasil nanti akan dikirim lagi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), setelah keluar rekomendasi lalu melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Bupati juga mengungkapkan dari 37 peserta ini akan merebutkan hanya 12 Jabatan yang lowong, jadi siapa yang terbaik dari 37 orang ini, dia yang berhasil akan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang lowong pada Dinas, Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Beliau juga menambahkan, ada 8 orang dari luar yang melamar karena kita memang terbuka mengumumkan bagi siapa saja yang mau, ini se-Kalimantan Tengah (Kalteng) semua orang berhak mendaftarkan dirinya asalkan memenuhi persyaratan untuk mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya, ,” katanya.

Sementara itu, Plt.  Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gunung Mas Sri Putri Pratiwi menerangkan, untuk teknis secara keseluruhan seleksi terbuka JPT Pratama ini sifat terbuka, pengumuman dari awal kita sudah membuka seluas-luasnya. Tentunya sudah melewati beberapa tahapan pengumuman, dalam tahap pengumuman kemaren juga dilakukan perpanjangan karena ada dua jabatan yang belum terpenuhi, sehingga dilakukan perpanjangan berdasarkan rekomendasi dari KASN bahwa diperpanjang waktunya menjadi tiga hari, bahkan pengumuman terakhirpun tidak ada yang berminat untuk mendaftar sehingga dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Putri juga menjelaskan terkait dengan tes hari ini dengan menggunakan metode Assesment center mengingat kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan mendatangkan seluruh assesor ke Kabupaten Gunung Mas, tentunya kita menggunakan media online sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Tim Assesor Jakarta.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas melalui Panitia Seleksi melakukan kerja sama dengan Universitas Paramadina Jakarta pada hari ini menyelenggarakan kegiatan tersebut, dan kegiatan ini berlangsung dilaksanakan tanggal 14 hingga 17 Juli 2020 melalui dua tahapan/sesi,” terang Sri Putri Pratiwi.

Sesi pertama dilakukan secara Tes Online Psikotes,  peserta akan dibagi menjadi tiga grup, grup  A sebanyak 13 (tiga belas) orang yang akan melakukan seleksi pada tanggal 14 Juli 2020, grup B sebanyak 12 (dua belas) orang seleksi pada tanggal 15 Juli 2020, dan grup C sebanyak 12 (dua belas) orang yang digelar pada tanggal 16 Juli 2020. Pada sesi kedua dilakukan Interview, grup  A sebanyak 13 (tiga belas) orang yang akan melakukan seleksi pada tanggal 15 Juli 2020, grup B sebanyak 12 (dua belas) orang seleksi pada tanggal 16 Juli 2020, dan grup C sebanyak 12 (dua belas) orang yang digelar pada tanggal 17 Juli 2020. Pada sesi kedua masing-masing grup akan didampingi Assesor melalui media online.

Sesi yang kedua akan dilakukan dengan Leader Discusion atau Diskusi Kepemimpinan ini juga akan dipandu oleh Tim Assesor juga dengan Universitas Paramadina Jakarta, dari ke 12 (dua belas) peserta nanti akan dibagi menjadi 3 (tiga) lagi, A 1 setelah ini bisa lanjut kurang lebih durasi satu jam, kemudian dilanjutkan lagi dengan grup A 2 kurang lebih satu jam dan dilanjutkan lagi A 3. Untuk durasi grup A ini kurang lebih 3 (tiga) jam.

Untuk grup B besok akan melakukan Tes Online Psikotes, dan LGD seperti yang tahapan grup A, dan untuk grup A hari ini tetap datang besok untuk melakukan sesi kedua yaitu Interview.

Kami dari Panitia Seleksi sudah menyediakan 4 (empat)  titik lokasi ruang interview, jadi untuk hari besok akan diikuti peserta yang seleksi hari ini begitupun seterusnya sampai hari Jum’at 17 Juli 2020.

Ditambahkannya, setelah Assesment nanti akan dilakukan Seleksi Penulisan Makalah, teknisnya akan disampaikan kembali setelah ada rapat persiapan, setelah Penulisan Makalah akan dilakukan interview dan interview ini akan dilakukan oleh Tim Pansel, setelah selesai tahapan ini.

“Usai dari tahapan ini tentunya dari Ketua Panitia Seleksi Daerah akan membuat laporan seluruh rangkaian kegiatan seleksi ini, dan akan disampaikan ke Bapak Bupati Gunung Mas sebagai rekomendasi dan sebelum disampaikan ke PPK Bapak Bupati , Panitia Seleksi juga akan menyampaikan laporan ke pihak KASN,” pungkasnya.