Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Rapid Test di lingkungan Polisi Resor (Polres) Gumas Rabu (15/7/2020) pukul 09.00 wib – hingga selesai.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, S.I.K mengatakan, hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas mengadakan Rapid Tes Covid – 19 terhadap Seluruh Personil Polres Gunung Mas, Keluarga dan petugas Kantin .

Dari hasil Rapid Tes yang di laksanakan terhadap seluruh personil Polres Gunung Mas dengan jumlah sebagai berikut:

Personil sebanyak 47 Orang, Keluarga sebanyak 4 Orang, dan Petugas kantin sebanyak 7 Orang dengan menunjukkan hasil NON REAKTIF seluruhnya, jelas Rudi.

Perwira berpangkat melati dua ini menambahkan, tujuan diadakan Rapid Tes Covid -19 ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, menekan dan mengantisipasi adanya potensi penyebaran Covid – 19  di lingkungan Polres Gunung Mas. “Rapid Tes ini untuk mengetahui siapa saja yang memiliki potensi untuk menyebarkan Virus Corona secara perorangan dan nantinya bisa cepat di lakukan tindakan atau penanganan secara tepat”.

Kegiatan Rapid Tes yang di laksanakan hari ini berlangsung dengan aman dan kondusif serta menunjukan hasil Non Reaktif, ucap Kapolres.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Nia Ernawati S.Farm., APT. Menjelaskan, Rapid Tes Covid-19 ini dilaksanakan di beberapa Instansi, Badan, dan Aparatur Sipil Negara untuk mendeteksi dini terjadinya penyebaran Covid-19.

Untuk di lingkungan Polres Gunung Mas hari ini kami sudah melakukan Rapid Tes sebanyak kurang lebih 60 orang dan menunjukkan hasil yang memuaskan yaitu Non Reaktif, ucap Nia.

Saya mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti Protokol Kesehatan, yang pertama wajib memakai masker dengan baik dan benar saat keluar rumah. Kedua jangan memegang mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan.

Ketiga cuci tangan pakai sabun dengan benar. Keempat jaga jarak minimal 1,5 m dan menghindari kerumunan banyak orang. Kelima konsumsi makanan sehat dan bergizi , jaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin, jelas Nia.

“Mari bersama-sama berperan aktif dan jangan saling menyalahkan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai”,pungkas Nia.