Kuala Kurun gunungmaskabgo.id – Sekolah Dasar Negeri 1 Kuala Kurun menggelar kegiatan pelatihan pembuatan administrasi guru kelas dan mata pelajaran tahun ajaran 2020 / 2021 bertempat di ruang kelas SDN 1 Kuala Kurun, Kamis (23/7/2020) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Singong, S.Pd, M.Si, yang mewakili Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kurun Batik, S.Pd, Kepala Sekolah SDN 1 Kuala Kurun Desmilawati, S.Pd, SD Kepala SDN 3 Kuala Kurun Belie, S.Pd, serta seluruh guru-guru SDN 1 Kuala Kurun.

Plt. Kepala Dikdispora Gumas, Singong ketika membuka kegiatan di SDN 1 Kuala Kurun, Kamis 23/07/2020).

“Saya sangat mendukung dengan kegiatan ini untuk kemajuan dunia pendidikan ke depan  karena program ke depan yaitu untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Kabupaten Gunung Mas melalui pelatihan-pelatihan,” ucap Singong, S.Pd., M.Si.

Selain itu kata Singong, S.Pd., M.Si “Ke depan supaya Kepala Sekolah bersama-sama memikirkan SDM guru, apalagi kurikulum 2013 ini sangat berat sekali. Dalam penilaian karena terdiri dari tiga macam penilaian tidak bisa kita sembarangan ini yang perlu kita kaji betul-betul,” ucapnya.

“Ke depan bagaimana kita harus menguasai bidang ilmu yang kita tekuni dan yang dikuasai. Kalau kita menguasai materi otomatis kita paham yang disampaikan kepada murid teknik yang cepat tidak berbelit-belit lagi, intinya saja yang harus dikuasai. Ke depan kita tingkatkan tentang SDM guru di Kabupaten Gunung Mas,” tambahnya.

“Kami berharap kepada guru-guru supaya merubah pola pikir lama membuat terobosan baru, supaya setiap siswa aktif melakukan tugasnya tidak lagi guru yang banyak bicara, bagaimana siswa tersebut aktif menyelesaikan tugasnya, guru hanya mengarahkan dan menguasai materi kepada suatu tujuan dalam proses belajar mengajar,” tuturnya.

Dia mengingatkan kepada seluruh guru-guru maupun kepala sekolah di Kabupaten Gunung Mas dalam masa pandemik ini agar tetap produktif, inovatif, dan optimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai guru, prioritaskan pekerjaan utama dulu dalam mencerdaskan anak didik di bumi habangkalan penyang karuhei tatau.

\”Saya secara pribadi dan dalam kedinasan mendukung program ini dalam pengembangan SDM bagi guru-guru. Kalau bisa setelah kegiatan ini lanjutkan ke program yang baru, kita bisa mengundang narasumber dan lebih banyak lagi pesertanya dari yang sekarang sehingga ilmu yang didapat bisa ditularkan ke naradidik kita,” ujarnya.

\”Karena guru sangat berperan penting baik menguasai administrasi materi dengan cara membuat perangkat dia otomatis menguasai,  apalagi kurikulum 2013 rumit sekali penilaiannya. Kepada peserta diharapkan supaya betul-betul mengikuti kegiatan ini, jangan malu kalau belum paham bertanyalah kepada narasumber,” terangnya.

Sementara itu Plt. Kepala Sekolah Desmilawati, S.Pd SD menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini adalah Pelatihan Pembuatan Administrasi Guru Kelas dan mata pelajaran tahun ajaran 2020 / 2021 implementasi kurikulum 2013, karena sebagai salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan SDM tenaga pendidik terutama guru-guru SDN 1 Kuala Kurun. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seyogyanya berjumlah 21 orang guru  SDN 1 Kuala Kurun,  peserta yang hadir pada saat ini berjumlah 14 orang dalam kondisi sakit dan terdapat guru yang berhalangan hadir sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan.

“Dengan diadakan pelatihan ini agar ke depannya nanti kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak ada lagi hambatan karena selama ini kendala-kendala masih ada, terkait kurangnya pemahaman guru-guru sehingga kesulitan untuk mengimplementasikan kegiatan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sehari-hari,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)