Kuala Kurun  gunungmaskab.go.id – Sekretaris Dearah (sekda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Yansiterson pimpin rapat pelaksanaan Upacara HUT RI ke 75 Tahun 2020 tingkat Kabupaten Gunung Mas yang berlangsung di Ruang Rapat lantai satu Kantor Bupati Gunung Mas, Rabu (12/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asiten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Gunung Mas Lurand, Ketua Panitia HUT RI ke-75 Dihel, TNI, Polri serta Pimpinan Perangkat Daerah dalam lingkungan Pemda Kabupaten Gunung Mas.

Yansiterson mengatakan, rapat ini adalah yang kedua kalinya menindak lanjuti rapat beberapa waktu yang lalu dia menjelaskan bahwa, dilingkungan Pemerintah Daerah itu akan diadakan Upacara Penaikan Bendera dan Penurunan Bendera 17 Agustus Tahun 2020.

Upacara bendera itu akan dilaksanakan pada pagi hari, pada pukul 07.00 WIB  dipusatkan Halaman kantor Bupati Gunung Mas, dengan Pasukan Upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kabupaten Gunung Mas.

Untuk peserta upacara sendiri ucap Sekda tidak seperti sebelumnya, upacara kali ini ada pengurangan kegiatan maupun peserta upacara, “jadi peserta upacara ASN hanya diikuti oleh pejabat saja yang terbatas, namun kita tetap menyesuaikan dari masing-masing Perangkat Daerah, harus tatap mematuhi protokol kesehatan Covod-19,” ungkapnya.

Diungkapkannya, setelah upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun juga harus mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang dilaksanakan di Istana Negara sekitar jam 10.OOWIB akan dilakukan diruang rapat lantai satu, dengan peserta Bupati Wakil Bupati, Ketua DPRD Wakil Ketua DPRD, Forkopimda Sekda dan Asisten. Jumlahnya terbatas mengunakan melalui Video Confrence.

Dalam momen HUT RI ke-75 tahun akan diserahkan Piagam Penghargaan Karya Satyalancana kepada 34 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ditetapkan, itu dilaksanakan setelah mengikuti secara virtual upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara sekitar jam 11.00WIB, ini undangan tersendiri yang dikoordinir BPSDM, kegiatan ini dilaksanakan di GPU Damang Batu.

Dijelaskannya, kemudian sorenya juga akan dilaksanakan upacara penurunan bendera pada pukul 17.00WIB dan pasukannya tetap seperti penaikan bendera, TNI, Polri, Satpol PP dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kabupaten Gunung Mas.

Meskipun untuk pengibar bendera tambah dia, hanya ditetapkan tiga orang, tiga orang untuk menaikan bendera dan tiga orang untuk penurunan bendera dan dipersiapkan dua cadangan.

Untuk lagu kebangsaan Indonesia Raya dipersiapkan lima orang penyanyi, yang diiringi oleh pemain musik.

“Khusus untuk komandan upacara, pada upacara kenaikan bendera oleh Polri untuk penurunan dari TNI,” pungkasnya.