KUALA KURUN gunungmas.go.id– Plt Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Sudin mengatakan bahwa sebanyak 703 orang pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya menerima bantuan modal usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Totalnya sebanyak 703 pelaku usaha yang sudah kami usul kepada pihak kementerian agar mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta,” bebernya, Rabu (26/8/2020).

Menurutnya, para pelaku UMKM tersebut berasal dari seluruh kecamatan di Gunung Mas. Mereka merupakan pelaku usaha yang masuk kategori ekonominya kelas menengah ke bawah.

“Sebelum diusulkan, memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan modal tersebut, seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, nomor kontak telepon hingga nomor rekening bank,” sebutnya.

Penyaluran bantuan tersebut nantinya bakal ditransfer langsung ke rekening masing-masing pelaku UMKM. Diperkirakan realisasinya dimulai awal bulan September 2020.

“Datanya sudah kami kirimkan dan saat ini masih dalam tahap verifikasi dan validasi data oleh pihak DPKP dan Pemprov Kalteng. Bantuan tersebut dimaksud untuk menambah modal bagi pelaku usaha kecil menengah yang terdampak Covid-19,” bebernya.

Agar penggunaan uang tepat sasaran dan sesuai peruntukannya, maka usai pencairan akan dilakukan monitoring oleh pihak berwenang. Sehingga meminimalisasi adanya penyalahgunaan uang tersebut oleh para penerima manfaat.

“Saya berharap jangan sampai ada orang atau pihak terkait yang berani mencoba mengkorupsi bantuan ini. Sebab selama prosesnya kami terbuka dengan siapa pun, termasuk wartawan dan kepolisian,” pungkasnya.