Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menyampaikan sambutannya pada acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 Di Wilayah Kodam XII/Tanjung Pura Guna Mewujudkan Desa Sehat.

KUALA KURUN gunungmaskab.go.id – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menghadiri Acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 Di Wilayah Kodam XII/Tanjung Pura Guna Mewujudkan Desa Sehat bertempat di Taman Kota Jalan Sangkurun, Senin (2/11/2020).

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Gunung Mas (Gumas) Theodorus Priyo Santosa, yang mewakili Kejari Kabupaten Gunung Mas, Perwira Penghubung Kodim 1016/PLK Kapten Inf M Ayyub, yang mewakili Pengadilan Negeri Gunung Mas, yang mewakili Pengadilan Negeri Gunung Mas, Kepala BPBD Kabupaten Gunung Mas Campili, Kepala Dinas Kesehatan dr. Maria Efianti, Danramil -06 Dim 1016/Plk Kaula Kurun.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menyerahkan masker kepada peserta apel.

“Pademi Covid-19 merupakan masalah kita bersama yang hingga sampai saat ini masih menjadi “Bencana Nasional Non Alam”. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr merupakan kompartemen strategis TNI AD yang sekaligus tergabung sebagai Komando Tugas Gabungan Terpadu mempunyai visi melaksanakan percepatan dalam rangka penanganan Covid-19,” ujar Efrensia L.P Umbing.

Koopsdam XII/Tpr selaku penanggung jawab pelaksanaan Satgas Covid-19 bersama seluruh komponen masyarakat di wilayah Kalteng sudah melaksanakan beberapa langkah-langkah dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan, melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalteng

Ia menjelaskan Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik. Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau baik di wilayah Kalteng.

“Berkenaan dengan itu, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Kodam XII/Tpr memanfaatkan momentum ini dengan melaksanakan kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal,” kata Efrensia L.P Umbing.

Ia menambahkan Covid-19 secara serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam XIII/TPR. Melalui kegiatan ini dapat dijadikan stimulus bagi Satgas Covid-19 disetiap desa guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

“Penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita sekalian untuk hidup lebih sehat dengan secara terus menerus menegakkan disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya.

Acara selanjutnya pemberian Masker yang di di bagikan kepada masyarakat di sekitaran Jl Sangkurung Kurun Kab. Gunung Mas Pembagian Masker ini di Bagikan Oleh Babinsa, Babinkantibmas dan Satpol PP Kab. Gunung Mas