Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyalurkan bantuan sosial terdapak Covid-19 melalui PT. Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun.

KUALA KURUN gunungmas.go.id – Pandemi Covid-19 telah menyebabkan masyarakat kesulitan, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menyalurkan bantuan sosial terdapak Covid-19 melalui PT. Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun senilai Rp. 5.675.000.000,- bagi masyarakat terdampak COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) di Kuala Kurun. Bantuan sosial itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong kepada Kepala Bank Kateng Cabang Kuala Kurun Empas Umar dan 3 orang perwakilan warga di Aula Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (10/11/2020).

“Keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sosial tunai bersumber dari APBD Kabupaten Gunung Mas berjumlah 4.798 KPM dengan besar bantuan Rp. 500.000,-per bulan dan dibayarkan untuk 2 bulan sehingga total bantuan sebesar Rp. 4.798.000.000,- (Empat Miliar Tujuh Ratus Sembilan Puluh Delapan Juta Rupiah),” Kata Jaya Samaya Monong.

Diungkapkan Bupati Jaya Samaya Monong, keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sosial tunai yang tidak terakomodir oleh APBD Provinsi yang dibayar menggunakan dana APBD Kabupaten Gunung Mas berjumlah 1.754 KPM dengan besar bantuan Rp. 500.000,- per bulan dan dibayarkan.

Penyerahan bantuan sosial ini dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas kepada keluarga manfaat (KPM) senilai Rp. 500.000,- melalui Bank Pembangunan Kalteng Cabang Kuala Kurun hendaknya diperlukan adanya langkah-langkah konkrit yang dilakukan terhadap desa/kelurahandi wilayah Kabupaten Gunung Mas yang tidak memiliki sinyal (Blank Spot) seperti perlunya mempersiapkan infrastruktur pembayaran dan komunikasi jaringan pada daerah-daerah tersebut.

Ia pun menjelaskan kondisi geografis dan jarak antara desa/kelurahan yang masih mengandalkan transportasi sungai serta jarak tempuh yang sangat jauh sehingga dapat menyebkan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) ini tidak terlayani.

“Bupati Jaya Samaya Monong menambahkan, pemantauan dan monitoring perlu ditingkatkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas. “Saya menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait bersama-sama sehingga dapat di manfaatkan dan diterima langsung oleh masyarakat di wilayah masing-masing,” Jelas Bupati jaya Samaya Monong.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Jhonson Ahmad mengungkapkan, pelaksanaan lauching ini adalah sebagai tanda dimulai pelaksanaan penyaluran bantuan sosial tunai dalam jaring pengaman sosial penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Gunung Mas.

Pada acara penyerahan Bantuan Sosial tersebut, tampak pula hadir Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, Kepala Bank Kateng Cabang Kuala Kurun Empas Umar Wakapolres Gunung Mas, sejumlah Kepala SOPD Kabupaten Gunung Mas, dan unsur Forkopimda Kabupaten Gunung Mas.