KUALA KURUN gunungmaskab.go.id РBuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MDAHK) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing  menegaskan organisasi ini akan dapat berkembang dengan baik jika didukung oleh kepengurusan yang tangguh, kompak dan memiliki program yang jelas, serta partisipasi positif dari anggotanya.

“Kepengurusan yang berani berubah kearah yang lebih baik, akan mendorong kemajuan dari organisasi yang dikelola,”

“Untung itu di perlukan seorang pemimpin yang memiliki wawasan luas dan pemikiran jauh kedepan,” katanya di Aula Hotel Zefanya, Jumat (27/11).

Sebagai organisasi keagamaan yang mengakomodir seluruh kepentingan umat hindu, Efrensia L.P Umbing yakin majelis daerah, majelis resort dan majelis kelompok agama hindu kaharingan, dalam perjalanan selanjutnya akan semakin mantap, memiliki idealisme dan dedikasi yang tinggi dalam perjuangan besar terhadap bangsa dan negara.

“Janganlah berhenti mencari formula pembinaan umat yang baru, yang disesuaikan dengan kondisi sosial psikologis umat saat ini,” yakinnya.

Lebih lanjut, Efrensia L.P Umbing menegaskan eksistensi organisasi MDAHK tingkat Kabupaten dan Kecamatan sangat penting dan sangat diperlukan bagi pembinaan iman umat didaerah guna ikut menjaga moral bangsa dan peningkatan kesejahteraan umat itu sendiri.

“Tantangan yang dihadapi pengurus majelis dimasa mendatang semakin tidak ringan. Untuk itu dituntut tetap konsisten membawa organisasi agar semakin berperan dalam proses pembangunan, dan mampu meminimalisir munculnya masalah-masalah baru,” terang Efrensia L.P Umbing.

Ketua panitia kegiatan Naro menyampaikan tujuan kegiatan, yakni memantapkan konsolidasi organisasi kelembagaan secara berjenjang, melakukan evaluasi terhadap program kerja pengurus MDAHK Kabupaten Gumas masa bhakti 2015 – 2020, dan merumuskan serta menetapkan kebijakan-kebijakan terhadap isu aktual yang berkembang yang berhubungan dengan lembaga keagamaan hindu.

Thema kegiatan; semangat kebersamaan dalam kebhinekaan. Kegiatan dihadiri Wabup Efrensia L.P Umbing, mantan Bupati Gumas sekaligus tokoh agama hindu kaharingan Gumas Arton S Dohong, kepala kantor kementrian agama Gumas H Anang Rusli, sejumlah pejabat eselon II, Ketua MDAHK Gumas, sejumlah pengurus MDAHK Provinsi Kalteng dan undangan lainnya.