KUALA KURUMN gunungmaskab.go.id – Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengalami kerusakan dan ambruk akibat diterpa angin kencang yang terjadi, Rabu (9/12/2020).

Peristiwa ini terjadi karena angin yang cukup kencang. Namun, tidak ada korban luka maupun jiwa, begitu juga dengan Peralatan Pemilihan semuanya dalam keadaan aman dan tidak ada yang rusak.

Saat dikonfirmasi via telephon Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman S.I.K., melalui Kapolsek Sepang Iptu Sugiharso menjelaskan pada saat pelaksanaan Pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng di wilayah Sepang Kota Satu TPS telah hancur diterpa angin kencang.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB karena keadaan cuaca di kecamatan Sepang mendung dan berangin kencang yang menimbulkan tenda TPS 01 Desa. Sepang Kota, Kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas terbang terbawa angin dari tempatnya dan tersangkut pada atap bangunan PAUD, jelasnya.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini dan perlengkapan TPS seperti kotak suara dan lin-lain yang ada di bawah tenda semuanya aman karena sudah/sempat di amankan ke dalam ruangan sekolah paud,” ungkapnya.

Kapolsek melanjutkan, Angin kencang terjadi sekitar kurang lebih 5 menit dan tenda yang terbang ke atas sekolah paud turun ke dasar tanah. Petugas Pam TPS bersama sama dengan KPPS Mengamankan kotak suara, surat suara, dan logistik lainnya sehingga kondisi kotak suara dan surat suara aman tidak ada yang terhambur / tercecer.

“Sesuai kesepakatan antara KPPS, PTPS dan PKD dengan hasil TPS dipindahkan ke dalam ruangan paud dan pemungutan suara kembali di lanjutkan,” tandas Kapolsek.

Setelah peristiwa ini pelaksanaan pencoblosan dilanjutkan dan berjalan seperti semula sesuai aturan yang ditetapkan KPU.