KUALA KURUN gunungmaskab.go.id – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gunung Mas Trinayati membuka kegiatan rapat Advokasi Penerapan Kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lingkungan Kabupaten Gunung Mas dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas, Selasa (15/12/2020).

Dalam sambutan Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gunung Mas Trinayati mengatakan, saya memberikan apresiasi kepada seluruh tim pembina program Germas Kabupaten Gunung Mas, dan secara khusus Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gunung Mas atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud peran serta dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas.

Maka ini merupakan salah satu wujud dukungan Pemerintah Daerah sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih dan kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat serta menurunnya beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Terkait dengan hal itu, Trinayati mengharapkan seluruh lintas sektor dan berbagai lapisan masyarakat dapat bergandengan tangan untuk mewujudkan pola hidup sehat, “Saya intruksikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) yang tergabung dalam tim pembinaan Germas ini untuk merencanakan tindak lanjut Germas tingkat Kabupaten Gunung Mas serta komitmennya dalam mendukung setiap tahapan dan kegiatan dari seluruh rangkaian yang diaksanakan hari ini”,ujarnya.

Sebelum menutup sambutannya dia mengajak dukungan seluruh lintas sektor serta komitmen kita semua dalam mendukung gerakan masyarakat hidup sehat dan menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.

Sementara itu ketua kegiatan tersebut Selvi Oktaviani mengatakan, Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program instruktur dengan basis masyarakat.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan tersebut meningkatkan dukungan lintas sektor serta komitmennya terkait dalam penyusunan kebijakan, pengembangan strategi dan advokasi yang mendukung program kesehatan di Kabupaten Gunung Mas, memastikan program Germas sampai kepada masyarakat dan memberikan output yaitu perubahan perilaku sehat di masyarakat.

Jumlah keseluruhan peserta pada kegiatan ini dihadiri 30 orang yang terdiri atas seluruh anggota tim program Germas Kabupaten Gunung Mas.