Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Akhir tahun 2020 tinggal menghitung hari. Pandemi virus corona (Covid-19) tiada yang dapat mengetahui kapan berakhirnya. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dr Maria Efianti menyampaikan pesan ke masyarakat Gumas untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kapan berakhir (Covid-19) tidak ada yang tahu. Syukur puji Tuhan vaksin Covid-19 sudah ada, dan akan diberikan ke masyarakat Indonesia secara gratis. Tapi tetap saja masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, demi kesehatan dan keselamatan,” kata Maria, Selasa (22/12).

Maria menekankan prokes Covid-19 yang harus dipatuhi masyarakat, yakni memakai masker kala beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, tidak berjabat tangan saat bersalaman, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Pemerintah tetap melaksanakan tugas 3 T, yakni tracing, testing, dan treatment, untuk menemukan orang yang positif Covid-19 sedini mungkin ketika mereka masih mengalami gejala ringan,” kata Maria.

Lanjut dia, kendatipun Pemerintah melaksanakan 3 T, yang penting kesadaran masyarakat untuk taat melaksanakan prokes Covid-19.