Keterangan Gambar  : Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman menandatangani MoU Penerimaan Polri T.A. 2021.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas)  dengan Kepolisian Resort (Polres) Gunung Mas melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama tentang pembinaan masyarakat dalam rangka rekrutmen anggota Polri Tahun 2021.

Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama tersebut dilakukan oleh Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bersama dengan Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, disaksikan Wakil Bupati Gunung Mas  Efrensia L.P. Umbing dan Penjabat terkait dikedua belah pihak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rapat lantai 1 Kantor Bupati, Kamis (8/4/2021) kemaren.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyambut gembira adanya MoU yang telah disepakati dan akan menindaklanjuti MoU ini sesuai peraturan dan nantinya akan dimasukan APBD bila berkonsekwensi dengan kebutuhan pendanaannya.

“MoU ini sangat bagus karena sebagai upaya mendukung perwujudan revolusi mental sebagaimana yang dikehendaki Presiden Jokowi. Diharapkan pemuda-pemudi di Kabupaten Gunung Mas yang bercita-cita menjadi Polri bisa tercapai,” ungkapnya dengan penuh harapan.

Jaya Samaya Monong melanjutkan, MoU dilakukan mengingat selama ini Masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang diterima sebagai anggota Polri masih sangat sedikit. Sehingga perlu dilakukan kerja sama, terutama dalam pembinaan dan pelatihan sebelum mengikuti ujian rekrutmen.

“Jangka panjang kerjasama ini harus ada aturan kelanjutannya untuk meningkatan SDM pemuda-pemudi di Kabupaten Gunung Mas. Sehingga, bisa melahirkan calon peserta yang memiliki pengetahuan yang cukup, fisik yang prima dan mental yang kuat dan diterima menjadi anggota Polri mewakili Gunung Mas.”

Melalui program ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, melalui dan komitmen kerja keras untuk membekali calon peserta dengan pengetahuan serta bimbingan yang tepat.

Objek Nota Kesepakatan bersama ini adalah penyelenggaraan pembinaan masyarakat dalam rangka rekrutmen Anggota Polri dalam rangka penerimaan calon Anggota Kepolisiaan Republik Indonesia yang mempunyai talent scouting bidang Pendidikan atau Akademik, Beladiri, Olahraga, Paskibra, Hafidz Quran dan daerah Polsek perbatasan yang nantinya apabila sudah selesai melaksanakan pendidikan akan ditempatkan di daerah asal masing-masing sesuai dengan prinsip “Local Boy For Local Job”.

Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas mendukung adanya program ini karena sesuai dengan visi misi Bupati Gunung Mas, yaitu Smart Human Resources, dengan memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Terima Kasih kepada Bapak Kapolres Gunung Mas atas tercapainya Nota kesepakatan bersama pada hari ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan melimpahkan berkat, karunia serta memberikan kekuatan lahir dan bathin bagi kita sekalian, dalam membangun Kabupaten Gunung Mas.

“Bupati berharap kita dapat bekerja sama dengan pihak terkait dan masyarakat dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan berjuang bersama menuju Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera, dan mandiri,” imbuh Jaya Samaya Monong Bupati Gunung Mas.

Ditempat yang sama Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman, mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas adanya dukungan penuh  dengan MoU bersama, untuk membina masyarakat khusnya para pemuda pemudi pelajar yang memang mempunyai minat dan keinginan menjadi anggota Polri.

Dikatakannya, kita memberikan pengenalan bagi mereka yang mau menjadi anggota Polri apa hal-hal yang menjadi nilai tambah bagi mereka ini yang akan kita latih kedepannya.

Kita juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga untuk mencari para pemuda pemudi yang memiliki prestasi untuk direkrut menjadi anggota Polri khususnya Kabupaten Gunung Mas.

“Rekrutmen anggota Polri saat ini melalui Polsek-Polsek, melakukan pembinaan baik fisik maupun memberikan pelatihan -pelatihan terkait akademik serta melakukan pengecekan kesehatan yang luar fisik saja. agar mereka tau apa yang mereka harus lakukan.”

Dengan pembinaan dan pelatihan ini mudah mudahan semakin banyak masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang berminat dan bisa terpilih menjadi anggota Polri.

“Untuk saat ini rekrutmen calon peserta anggota Polri berjumlah 104 orang yang empat orang untuk tes Akpol dan yang seratus orang untuk calon Bintara Polri,” pungkasnya.