Keterangan gambar: Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati Effrensia L.P. Umbing bersama juara dunia tinju asal Gunung Mas Eygersing Hamson.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Eygersing Hamson telah berhasil menjuarai World Boxing Council (WBC) internasional yang bekerja sama dengan Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) di Jakarta, Rabu (14/4/2021) malam. Eyger sukses mengalahkan lawannya, Jack Langedi Timor.

Sekembalinya dari pertarungan itu Eyger mendapat sambutan istimewa dari Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong. Pemuda kelahiran Desa Tumbang Sian Kecamatan Kahayan Hulu Utara Kabupaten Gunung Mas tersebut dikawal oleh Satlantas Polres Gunung Mas menggunakan kendaraan polisi milik Satlantas.

“Atas nama kemenangan petinju Eygersing Hamson Gunung Mas ini, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas turut berbangga dan apresiasi. Semoga lebih banyak lagi pihak yang berprestasi dan mendukung olahraga tinju profesional,” kata Jaya Samaya Monong di ruang kerjanya, Senin (19/4/2021).

Harapan kedepan untuk pembinaan juga untuk kesejahteraan sebagai petinju, Pemkab Gunung Mas akan menyiapkan beasiswa untuk Eygersing Hamson untuk melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi.

Berkenaan dengan pendidikan terakhir Eyger hanya ditingkat SMP maka perlu dibicarakan lebih lanjut dengan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas agar dapat menyelesaikan pendidikan paket C dan selanjutnya akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mendukung penuh kedepannya apabila ada event dalam kejuaraan tinju selanjutnya.

Kedepannya akan mengangkat Eygersing Hamson Gunung Mas menjadi pelatih tinju, disiapkan sarana dan prasarananya untuk sasana tinju ring yang berada dibawah naungan Koni Kabupaten Gunung Mas sehingga lahirlah Eygersing Eygersing baru untuk mengharumkan nama daerah Gunung Mas.

Jaya Samaya Monong juga menegaskan bahwa nama dari Lamandau yang artinya bahasa Dayak Ngaju adalah Lunju dan Mandau artinya tombak dan mandau.

Bupati menyampaikan sudah menyepakati terkait dengan nama dari beliau tersebut, diganti dengan Eygersing Hamson Gunung Mas jadi tidak lagi dengan panggilan Eygersing Hamson Lamandau.

“Apa yang kami lakukan sekarang merupakan bentuk apresiasi yang ditorehkan saudara Eyger, dimana putra asli Dayak ini memiliki prestasi yang mendunia setelah menjuarai WBC. Sekali lagi selamat atas prestasi yang membanggakan tersebut,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut wujud rasa syukur dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Koni Gumas memberikan bantuan kepada Eygersing Hamson Gunung Mas senilai Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) dalam menunjang prestasi nya.