Keterangan gambar:Acara talkshow dihadiri oleh Bendahara PWKI Sintika, Sekretaris PWKI  Sri Yuniaty, Wakil Sekretaris PWKI Sylvia, Kamis (21/4/2021).

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Memperingati Hari Kartini bertepatan pada tanggal 21 April 2021 Diskominfosantik melalui Radio Hamauh Fm menggelar talkshow bersama Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) di Studio Radio Hamauh Fm, Rabu malam (21/04/2021) kemarin malam.

“Perempuan dan laki laki mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama untuk berpatisipasi dalam pembangunan,” ucap Ketua DPC PWKI Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan.

Seiring Berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwasannya keberadaan mereka layak diperhitungkan. Kecerdasan serta kepiawaian perempuan-perempuan Indonesia khususnya, tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi terhadap pembangunan.

Selanjutnya, perempuan kian diberdayakan dengan ditetapkannya peraturan mengenai kuota 30 persen untuk keterwakilan perempuan dalam politik.

Keterwakilan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR-RI) perempuan di periode 2019-2024 mencapai sebesar 20,5 persen, Contoh pada perwakilan DPRD Kabupaten Gumas, keterwakilan perempuan sudah mencapai 48 persen peningkatan partisipasi perempuan di legislatif sudah mulai terlihat dan nyata melebihi kuota seharusnya.

Selain itu juga masih banyak perempuan yang sukses di bidang wirausaha, ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan. Tentunya mereka berperan dalam menopang ekonomi keluarga di tengah pandemic banyak perempuan yang kreatif di sela aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga mereka menciptakan berbagai kreasi baik itu kuliner atau aksesoris lainnya.

Acara talkshow tersebut juga dihadiri oleh Bendahara PWKI Sintika, Sekretaris PWKI  Sri Yuniaty, Wakil Sekretaris PWKI Sylvia.