Keterangan gambar: Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Gunung Mas Yansiterson ketika mengikuti rapat Evaluasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan I Tahun Anggaran 2021.

Kuala Kurun gunungmaskab.go.idBadan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat Evaluasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan I Tahun Anggaran 2021, rapat berlangsung di Aula Bappedalitbang, Senin (26/4/2021) kemarin.

Rapat Evaluasi Penerimaan PAD Triwulan ke I Tahun Anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini dipimpin oleh Seketaris Daerah Gunung Mas (Sekda Gumas) Yansiterson yang didampingi Asisten III Sekretariat Daerah Gunung Mas Untung, serta Kepala Bapenda Gunung Mas Edison.

Adapun tujuan dari rapat Evaluasi ini adalah untuk mendengar pencapaian pada triwulan I tahun 2021 oleh setiap Perangkat Daerah, dengan total persentase yang dicapai sesuai dengan masing – masing target yang telah ditetapkan di setiap Perangkat Daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson mengatakan,” ini merupakan hal yang sangat menggembirakan jika dilihat berdasarkan data secara keseluruhan, capaian PAD di triwulan I dengan angka persentase yang kini sudah mencapai angka 72 persen lebih”.

Namun, jika di cermati lebih rinci untuk pencapaian PAD triwulan I ini masih jauh dari target yang diharapkan, karena yang berkontribusi besar hanya perolehan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari beberapa perusahan besar swasta, PBS yang mengurus Hak Guna Usaha (HGU). Semua dikarenakan pandemi Covid-19 sekarang ini memang sangat berpengaruh pada perekonomian dan berimbas pada PAD sejumlah Perangkat Daerah, terutama pada sektor pariwisata, perhotelan, UKM dan sebagainya.

“Saya berharap seluruh Perangkat Daerah dapat memacu kinerja guna memenuhi target yang telah ditetapkan, karena jika target tidak terpenuhi berisiko terhadap  belanja – belanja yang kemungkinan akan dilakukan pemangkasan,” pungkasnya.